Bupati Kabupaten Manokwari saat memberikan Condera Mata kepada Direktur Utama Pelindo IV.

Pelindo IV dan Pemda Manokwari Bahas Pembangunan Pelabuhan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Manokwari bersama Pelindo IV wilayah Indonesia Timur, Rabu (24/2/2016) menggelar pertemuan membahas rencana strategis pembangunan pelabuhan penumpang dan peti kemas di Kabupaten Manokwari.

Pertemuan yang dilakukan di Ruang Sasana Karya kantor Bupati Manokwari ini dihadiri langsung oleh Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan dan Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung.

Dalam pertemuan itu, Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung menjelaskan, pelabuhan yang berada di Kabupaten Manokwari perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah baik Kabupaten Manokwari maupun Provinsi Papua Barat. Pelabuhan yang dimiliki saat ini perlu adanya perpanjangan dermaga.

Sehingga dengan perpanjangan dermaga tersebut, nantinya jumlah kapal yang sandar juga akan bertambah jumlahnya. Selain itu Pelindo juga berencana menutup kolam-kolam pelabuhan yang masih kosong, sehingga dapat menambah kapasitas pelabuhan kurang lebih sepanjang 1,2 hektar.

Selain itu pihak Pelindo juga berencana menjalin kerjasama bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari untuk membangun pelabuhan baru di lokasi-lokasi yang telah disediakan oleh pihak pemerintah.

“Kami juga berencana melakukan MoU dengan pemerintah untuk mencari lokasi pelabuhan yang akan dibangun, namun akan terlebih dahulu disurvei dengan kurun waktu kurang lebih 1 tahun,” ucapnya.

Dijelaskan, lokasi yang nanti disiapkan harus lebih dari satu lokasi. Hal tersebut nantinya diperlukan untuk proses survei yang dilakukan oleh Pelindo IV, guna mendapat lokasi strategis untuk membangun pelabuhan yang direncanakan sebagai pelabuhan peti kemas.

Sementara itu, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan mengatakan, pengembangan pelabuhan di Kabupaten Manokwari akan meningkatkan perekonomian di kabupaten ini. Sehingga hal tersebut sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari.

“Kami melihat pelabuhan ini merupakan salah satu sarana yang penting untuk menunjang perekonomian masyarakat, dan ini yang perlu di kembangkan,” kata bupati.

Untuk itu kerjasama Pelindo IV bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari kiranya dapat terus berjalan seperti sedia kala, dan tentunya hal ini akan dilihat kembali sehingga seluruh masyarakat di Kabupaten Manokwari dapat menikmati pembangunan yang sedang direncanakan ini.

“Hal-hal seperti ini akan kami pertimbangkan terutama soal lokasi-lokasi yang nantinya akan ditentukan pada hasil studi atau surveinya layak atau tidak untuk bangun, karena kita tidak bisa paksakan untuk harus dibangun,” pungkasnya. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM

Leave a Reply

%d bloggers like this: