Peserta pameran pendidikan luar negeri yang digelar ELC Education di Manokwari, berdiskusi dengan salah satu perwakilan universitas luar negeri, kemarin. Pameran pendidikan ini bertujuan memberikan informasi kepada pelajar, mahasiswa dan warga umum yang berminat untuk berkuliah di luar negeri.

Pemaren Pendidikan Luar Negeri Digelar di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— ELC Education, sebuah lembaga konsultan pendidikan luar negeri, kemarin, menggelar pameran informasi pendidikan luar negeri di Manokwari, Papua Barat.

Pameran yang menggandeng perwakilan universitas dari Cina, Amerika, Inggris, Kanada, Australia dan Malaysia ini menarik cukup banyak minat siswa, mahasiswa, termasuk para dosen dan pekerja swasta.

Direktur ELC Education Lili Kusuma mengatakan, pameran ini ditujukan untuk memberi informasi studi luar negeri kepada para siswa di daerah ini, termasuk masyarakat umum yang berminat untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri.

“Kami bergerak dibidang konseling untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum dan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri,” jelas Lili di lokasi pameran, hotel Swiss bel.

Di setiap daerah kunjungan, ELC Education menggelar pameran selama 1 hari mengenai program strata satu (S1), magister (S2), doktoral (S3) dan informasi beasiswa pendidikan bagi pemerintah Indonesia. ELC juga memberikan konsultasi panduan keberangkatan ke negara tujuan studi, termasuk fasilitas akademik bahasa Inggris untuk membantu calon mahasiswa yang belum lancar berbahasa Inggris.

Untuk membantu mendorong minat warga Papua, ELC Education telah membuka kantor perwakilan bertempat di Jalan Raya Abepura, Jayapura, Papua. “Saat ini kami sedang menyediakan fasilitas konseling dan asistensi pada program 1000 doktor di provinsi Papua. Calon doktor itu, tersebar di hampir 13 negara,” ungkap Lili.

“Universitas mitra kami sangat banyak, mulai dari universitas-universitas yang top rangking, katakan seperti, beberapa universitas yang terkenal di dunia, dan universitas mitra lainnya di setiap negara,” terang Lili.

Banyaknya universitas mitra ELC Education di berbagai negara, untuk mempermudah calon mahasiswa memilih universitas yang diminati sesuai program study yang ingin diambil.

ELC Education, dia menjelaskan, berkomitmen mempersiapkan profesional muda dengan latar belakang pendidikan universitas ternama dunia untuk siap bersaing dalam kancah pasar tenaga kerja Masyarakat Ekonomi Asean awal 2016 mendatang. “Kami yakin lulusan universitas luar negeri memiliki starting poin yang tepat untuk bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara asia tenggara,” kata dia.

Pameran studi luar negeri di Manokwari dilakukan menggunakan bahasa Inggris dipandu oleh penerjemah. Meski begitu ada juga peserta yang terlihat berkomunikasi secara langsung menggunakan bahasa Inggris.

Pameran yang sama telah digelar di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, Samarinda, Balikpapan, Makassar, Manado dan Sorong. Kota Jayapura menjadi tujuan terakhir. | RIZALDY