Dedy S May

Pembahasan Jadwal RAPBDP 2016, Anggota Dewan Walk Out

MANOKWARI, Cahayapapua.com—-  Rapat DPRD Kabupaten Manokwari dengan agenda penyusunan jadwal pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) tahun anggaran 2016, diwarnai aksi protes.

Aksi protes disampaikan sejumlah anggota di dalam rapat terbuka yang berlangsung, Selasa (16/8/2016) lalu. Rapat dipimpin Ketua DPRPD, Dedy. S. May n didampingi wakil ketua, Frengky Awom.

Pantauan media ini, rapat yang baru dibuka oleh ketua DPRPD, dan dinyatakan terbuka untuk umum sontak mendapat protes dari salah seorang anggota dewan.

Protes ini dilayangkan karena, anggota yang bersangkutan meminta agar agenda dan kegiatan internal DPRD diselesaikan terlebih dulu sebelum masuk pada penyusunan jadwal RAPBD perubahan.

Protes kembali disampaikan oleh beberapa anggota lainnya. Bahkan, diikuti dengan aksi walk out dari ruang rapat. Sejumlah anggota tetap mengikuti rapat.

Ketua DPRD, Dedy May mengatakan, rapat penyusunan dan pembahasan RAPBD perubahan penting dilakukan. Soal kegiatan dan agenda internal dewan segera ditindaklanjuti.

“Saya harap kita semua memahami tupoksi sebagai anggota dewan. Usai pembahasan jadwal, baru diselesaikan soal internal. Kita akan bahas hal-hal kedalam,” katanya.

Dedy mengemukakan, alasan mengapa rapat penyusunan jadwal pembahasan RAPBD Perubahan baru dapat digelar. Menurut dia hal itu terjadi karena materi KUA & PPAS RAPBD Perubahan  diserahkan hari Kamis (11/8/2016) oleh pemerintah daerah.

“Materi LKPj baru diserahkan pada hari Senin, 15 Agustus 2016. Sesuai Permendagri No 52 Tahun 2015 tentang pedoman penyusunan APBD 2016. APBD Perubahan tidak bisa digelar sebelum pembahasan LKPj,” kata dia.

Menurutnya, pembahasan LKPj harus dilakukan karena penting untuk melihat SiLPA pada tahun anggaran sebelumnya juga program lucuran pada TA 2016.

“Harusnya, LKPj diserahkan dulu baru materi RAPBD P. Kekeliruan ini terjadi ada pada pihak eksekutif. Kami lambat bahas RAPBD P karena LKPj lambat diserahkan. Jadi, tidak seperti yang dikritisi oleh anggota dewan bahwa pimpinan lambat,” ujar Dedy lagi.

Usai terjadi aksi protes, ketua DPRD, Dedy May lantas menutup rapat penyusunan jadwal pembahasan RAPBD Perubahan. Awak media dan sejumlah staf sekretariat yang sempat mengikuti rapat diminta untuk meninggalkan ruang rapat. Berdasarkan informasi, rapat penyusunan jadwal tersebut akan dilanjutkan Kamis (18/8/2016) hari ini. (ALF)

Tinggalkan Balasan