Tampak Kepsek SMPN III Bayeda melaporkan situasi SMPN Bayeda yang gedung asramanya belum selesai dibangun.

Pembangunan Asrama SMPN III Bayeda Terbengkalai

KAIMANA, Cahayapapua.com— Pembangunan asrama pada sekolah berpola asrama SMP Negeri III Teluk Arguni di Bayeda hingga saat ini terbengkalai. Gedung ini dibangun sejak dua tahun lalu namun belum dapat difungsikan untuk menampung siswa-siswi akibat beberapa bagian dari bangunan belum dikerjakan.

Persoalan ini dilaporkan Kepala SMPN III Teluk Arguni Ivon Mangkey kepada Bupati Kaimana Matias Mairuma saat mengadakan kunjungan kerja ke Kampung Bayeda belum lama ini. Dijelaskan, hingga saat ini siswa-siswi SMPN III Bayeda yang datang dari kampung terjauh, tinggal sementara dengan keluarga.

“Kami laporkan kepada Bapak Bupati bahwa sampai hari ini asrama sekolah belum selesai dibangun. Gedung dibangun sejak dua tahun lalu oleh Kantor Pemberdayaan. Sampai hari ini belum selesai dan ini menyulitkan kami untuk membantu anak-anak. Kami bermaksud dengan adanya asrama bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di luar jam sekolah yaitu di asrama,” ujar Kepala SMPN III Bayeda.

Menanggapi ini, Bupati Kaimana Matias Mairuma mengatakan, akan memerintahkan dinas terkait untuk segera menuntaskan pembangunan gedung. Bupati juga berjanji akan melakukan pengecekan terkait program pembangunan asrama, berkaitan dengan tugas dan kewenangan instansi yang menangani. Dijelaskan, pembangunan sekolah berpola asrama, merupakan program pemerintah daerah dalam rangka mensukseskan program pendidikan 9 tahun.

Bupati berharap dengan adanya sekolah berpola asrama, seluruh anak usia sekolah jenjang SMP bisa menyenyam pendidikan tanpa memikirkan biaya maupun tempat tinggal. “Ini memang program kami pemerintah daerah. Dengan adanya sekolah berpola asrama, kami berharap mereka bisa lebih maksimal untuk belajar,” ujar Bupati sembari menyampaikan apresiasi kepada kepala sekolah dan guru SMPN Bayeda yang berdasarkan laporan warga betah berada di tempat tugas. (ISA)

 

Tinggalkan Balasan