Penimbunan kawasan Pelabuhan Trikora di Kaimana, Papua Barat. Foto: CAHAYAPAPUA.com|Isabela Wisang

Pembangunan Dermaga Trikora Kaimana Dikebut

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com Dermaga baru pelabuhan Kaimana ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2015. Dermaga ini butuh tambahan kuda-kuda. Penimbunan pada lokasi yang rencananya dijadikan terminal penumpang dan terminal barang pun sedang dilakukan.

Jika selesai, dermaga akan digunakan melayani kapal berbobot besar, sedangkan dermaga lama difungsikan untuk kapal berskala kecil.

Sesuai pantauan CAHAYAPAPUA.com, pembangunan dermaga yang berbama dermaga Trikora Kaimana ini terus dipacu. Aktivitas penimbunan makin ditingkatkan dan saat ini hanya tersisa beberapa meter lagi. Penimbunan tersebut akan tersambung dengan reklamasi pantai taman kota. Proyek ini sendiri dikerjakan PT. Senja Indah Persada, dengan sumber dana dari APBN.

“Kalau dilihat sepintas, menurut kacamata awam, dermaga sudah bisa dipakai. Tetapi kenyataannya tidak demikian karena ada komponen lain yang harus dipenuhi untuk membuat bangunan dermaga lebih kuat dan tahan lama. Kita masih dua buat trestle untuk keseimbangan untuk menahan beban kapal saat sandar. Kalau dipaksakan, justru dermaga bakal cepat ambruk,” jelas Pelaksana Harian Kepala Administrasi Pelabuhan, Martinus Solosa.

Selalin itu ada prosesi formal yang harus dilalui sebelum mengoperasikan dermaga ini  yakni serah terima aset dari pusat kepada daerah.

Martinus menambahkan, jika master plan pembangunan dermaga ini selaras dengan rencana pengembangan kota yang disusun Pemda Kaimana.

“Nanti pintu keluar pelabuhan ada di timbunan taman kota, pintu masuknya tetap lewat pintu yang sudah ada. Untuk terminal penumpang, dia berada tepat di belakang BRI,” jelasnya.|ISABELA WISANG

 

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan