Ilustrasi Peningkatan Investasi

Pembangunan Infrastruktur untuk Merangsang Investasi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Papua Barat, berharap percepatan pembangunan infrastruktur, seperti Tol Laut dan Perkeretaapian serta infrastruktur penunjang lainnya di Provinsi Papua Barat, menjadi rangsangan bagi para pengusaha untuk menanamkan investasinya di papua barat.

“Selama ini, sudah cukup banyak orang-orang (pengusaha) melirik Papua Barat, dibidang perikanan, pertambangan maupun industri lainya,” kata Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Anindia Bakri, di Manokwari, Sabtu.

Percepatan pembangunan infrastruktur serta koneksitas antara kabupaten kota se provinsi papua barat, dapat terealisasi dengan baik, bila, pemerintah Provinsi Papua Barat bersama pemerintah pusat dapat berjalan bersama-sama.

Hal itu, kata Bakri, untuk mempermudah para pengusaha dapat mengenal dan memahami kondisi lokal papua barat.

“Sehingga orang-orang (pengusaha) yang belum terbiasa dengan Papua Barat, akan lebih familier dan betah berinvestasi di daerah ini,”kata dia.

Bakri mengaku, sudah puluhan tahun berinvestasi di daerah tersebut, bersama rekan kerjanya, ia mendistribusi mobil serta semen di Papua Barat. Jika infrastruktur dan koneksitas jaringan transportasi telah terbentuk, ia yakin, kedepan, investor di Papua Barat, akan lebih banyak lagi.

Ia pun menyarankan, upaya sosialisasi atas obyek-obyek pariwisata di provinsi ini, terus dilakukan. Sebab potensi investasi pada sektor pariwisata di papua barat, masih belum mendongkrak pertumbuhan ekonomi papua barat.

Menurutnya, potensi pariwisata di papua barat, masih sangat banyak yang belum dikembangkan, selain objek wisata bahari Raja Ampat, masih ada obyek pariwisata lain yang belum tersosialiasi secara baik.

“Saya tertarik untuk mengunjungi obyek wisata di Pegaf (Pegunungan Arfak), yang katanya ada danau laki-laki dan danau perempuan, ada juga katanya, burung cendrawasih dan burung pintar,” sebut Bakri lagi.

Ia pun mengimbau, pengurus Kadin di daerah itu, segera melakukan konsolidasi internal, serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah, guna memajukan pembangunan serta perekonomian di daerah tersebut.