Ilustrasi. Foto: Ist

Pembangunan Menara Telkomsel di Pantura Ditunda Tahun Depan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.comKerinduan masyarakat di distrik Manokwari Utara atau yang lebih dikenal dengan Pantura (pantai utara) untuk bisa menikmati jaringan seluler sepertinya harus diurungkan dulu.

Pembangunan menara Telkomsel yang sedianya dimulai pada September lalu, batal dilaksanakan tahun ini. Rencananya tower BTS (base transceiver station) yang berlokasi di samping kantor distrik Manokwari Utara itu baru akan dibangun tahun 2015.

Kepala Bagian Sandi dan Telekomunikasi (Santel) Setda Kabupaten Manokwari Edi Waluyo, Jumat (19/12/2014) di kantornya Jalan Sarinah menuturkan, hingga kini, rekanan yang menjadi pelaksana pekerjaan dengan pihak penyedia barang belum juga mencapai kesepakatan mengenai spesifikasi maupun harga dari material yang akan dipergunakan.

Padahal, Bupati Manokwari telah meneken kesepakatan dengan pihak Telkomsel Merah Putih untuk menyediakan perangkat BTS-nya. Tugas Pemkab Manokwari adalah menyediakan menaranya. Sesuai dengan survey yang dilakukan pada awal September lalu, direncanakan menara Telkomsel di Pantura memiliki tinggi 52 meter.

“Saya atas nama Pemkab Manokwari menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat di Pantura. Karena yang selama ini direncanakan pembangunan menara Telkomsel bulan September tapi kenyataan sampai sekarang belum terealisasi, “ ujar Edi.

Guna memastikan, pembangunan menara Telkomsel tersebut tetap akan berlanjut, Edi mengaku, dirinya telah berkomunikasi langsung dengan rekanan di Jakarta yang bertindak sebagai perencana.

Dari komunikasi itu telah tercapai kesepakatan untuk melakukan pertemuan bersama antara pihak perencana, pelaksana pekerjaan dan penyedia barang dengan Pemkab Manokwari usai libur Natal di Bandung, Jawa Barat.

“Pertemuan itu untuk membicarakan kesepakatan mengenai pekerjaan itu seperti jenis baja (untuk tower) bagaimana dan hal teknis lainnya, “jelas dia.

Meskipun semuanya belum jelas, Edi memastikan pembangunan menara Telkomsel di Pantura akan tetap dilaksanakan.

“Yang jelas kesepakatan (dengan Telkomsel Merah Putih) sudah ada. Kita akan tetap serius untuk melaksanakan ini. Akan dibangun tahun depan, “ tandas mantan Kepala Distrik Prafi itu.

Untuk diketahui, sebuah kegiatan beberapa waktu lalu di Nuni, warga Pantura kembali mempertanyakan realisasi pembangunan menara Telkomsel.

Warga setempat sebelumnya berharap jaringan seluler sudah ada sebelum Natal, sehingga mereka bisa mengucapkan Selamat Natal via telepon seluler dengan saudara dan kerabat mereka di tempat lain. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan