Suasana pembangunan pasar Wosi, kemarin.

Pembangunan Pasar Wosi Dilanjutkan Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Tahun ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manokwari akan melanjutkan pembangunan loss Pasar Wosi yang belum tuntas dikerjakan tahun 2015 lalu.

Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,4 miliar dari APBD tahun 2016 serta dana pendamping yang diperoleh dari pemerintah pusat melalui APBN dipastikan akan mendukung penyelesaian pembangunan pasar tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perindagkop) Kabupaten Manokwari, Frederik Saidui mengatakan, dana-dana tersebut akan dipakai untuk kelanjutan pembangunan Pasar Wosi tahap III serta untuk merelokasi para pedagang untuk memenuhi loss yang telah dibangun.

Dikatakan, sejauh ini terdapat beberapa permasalahan di pasar tersebut salah satunya adalah relokasi pedagang. Hal ini disebabkan karena adanya pengurangan anggaran di tiap SKPD yang harus dilakukan, mengingat Kabupaten Manokwari mengalami devisit anggaran yang cukup besar.

Sehingga kekuatan keuangan daerah akan mempengaruhi permasalahan tersebut. “Kalau memang ternyata tidak ada, relokasi harus tetap dilakukan karena pembangunan fisik tetap harus dilaksanakan,” jelasnya.

Dirinya berpesan kepada para pedagang yang bermukim di Pasar Wosi untuk bisa memahami kondisi yang tengah dihadapi. Ia juga meminta partisipasi dari para pedagang, karena pembangunan pasar yang baru nantinya akan diperuntukan bagi para pedagang itu sendiri. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM

 

%d bloggers like this: