Ilustrasi pelabuhan peti kemas. |Ist

SORONG,CAHAYAPAPUA.com—  Asisten II Kabupaten Sorong, Abdul Gani Malagapi mengatakan Tahun 2015, pihaknya akan jadikan Pelabuhan Seget, yang terletak di Distrik Seget, Kabupaten Sorong, sebagai pelabuhan Peti Kemas Internasional.

Terkait hal itu, Gani mengaku, direncanakan pekan ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Pelindo II, untuk membicarakan hal-hal yang terkait dengan kebutuhan pelabuhan.

“Kita akan rapat dengan Pelindo II, dan turun sosialisasi dengan masyarakat serta pengadaan tanah,” ujar Abdul Gani, di Sorong, Sabtu (31/1/2015).

Lebih lanjut Gani menambahkan, pelabuhan Seget, merupakan pelabuhan utama, yang dicanangkan pemerintah pusat. Sedangkan anggaran untuk proses pembangunan sendiri, berasal dari Pelindo II.

“Di Indonesia ada lima Pelabuhan utama, termasuk pelabuhan Seget, yang dicanangkan pemerintah Pusat, untuk anggarannya sendiri nanti dibiayai oleh Pelindo II,” kata Gani.

Menyangkut pembangunan sarana fisik sendiri, Gani mengaku pertengahan tahun ini akan sudah nampak dilaksanakan.

Untuk soal hak ulayat lokasi tersebut, menurutnya akan dibahas oleh pemerintah dan pelindo II, sehingga diharapkan patisipasi masyarakat untuk menyukseskan program pemerintah. |CR-73

Leave a Reply