Rumah Layak Huni (RLH)

Pembangunan Rumah Layak Huni OAP Butuh Perencanaan Berkelenjutan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Anggota Komisi C DPR Papua Barat, H. Harbi Syam mengatakan, progres pembangunan rumah layak huni bagi orang asli Papua dapat dilihat jika penganggarannya dilakukan secara berkelanjutan.

Hal itu disampaikan, menyikapi padatnya aspirasi soal desakan pembangunan rumah layak huni yang sering disampaikan kepada DPR Papua Barat (DPRPB) saat melakukan kunjungan kerja baik reses maupun penjaringan aspirasi masyarakat.

“Katakanlah dana Otsus, setiap tahun Rp.70 miliar yang diterima per kabupaten/kota bisa digunakan untuk membangun rumah layak huni khusus bagi orang asli Papua. Melalui penganggaran yang berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya, jika program ini dilakukan melalui perencanaan yang berkelanjutan maka, dalam lima tahun anggaran dapat dilihat progres yang positif.

“Kita bisa lihat, tidak lagi ada penduduk yang tinggal di rumah yang tidak layak huni. Dana Otsus ini langsung menyentuh masyarakat dan mengangkat kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan yang lebih bermutu,” ujarnya. |RASYID FATAHUDDIN | EDITOR : TOYIBAN