Pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Papua Barat Dimulai Tahun Ini

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepolisian Daerah Papua Barat tahun ini akan memulai pembangunan rumah sakit Bhayangkara di Manokwari.

Kepala Biro Sarana dan Prasarana Polda Papua Barat Kombes Pol Sudaryanto, Jumat (28/4) mengatakan, rumah sakit tersebut akan dibangun berdekatan dengan Mapolda di wilayah Kampung Maripi, Distrik Manokwari Selatan.

Dia menyebutkan, rumah sakit tersebut dibangun untuk mendukung layanan kesehatan bagi anggota dan masyarakat setempat. “Saat ini sudah pada tahap land clearing atau pembersihan lahan. Bulan depan lelang pekerjaannya akan dilaksanakan,” ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, pemerintah pusat melalui DIPA Polda mengalokasikan anggaran sebesar Rp.36 miliar untuk pembangunan tersebut. Dana tersebut akan manfaatkan untuk membiayai pekerjaan konstruksi, meubeler serta beberapa fasilitas lainnya.

“Rumah sakit ini bertipe D. Mudah-mudahan kehadirannya bisa membantu peningkatan layanan kesehatan di daerah,” ucapnya.

Dia menambahkan, pembangunan konstruksi gedung Markas Kepolisian Daerah Papua Barat saat ini sudah selesai 100 persen dan akan diresmikan penggunaanya pada tahun 2017.

Saat ini, kontraktor sedang menyelesaikan pemasangan instansi listrik serta perangkat penting lainya. Diperkirakan, seluruhnya selesai antara September dan Oktober 2017  dan dapat diresmikan saat itu juga.

Menurut dia, kehadiran rumah sakit merupakan sarana pendukung bagi Mapolda. Selain rumah sakit pembangunan pun dilakukan untuk rumah para pejabat utama Polda. “Seluruh gedung Polda membutuhkan listrik dan kami berharap, semua itu dapat terpenuhi,” katanya lagi.

Dia mengutarakan, gedung utama Polda Papua Barat membutuhkan daya listrik sebesar 1 mega watt. Kebutuhan listrik untuk rumah sakit Bhayangkara sedang dihitung oleh konsultan. (IBN)

Tinggalkan Balasan