Irianti Mandacan didampingi kepala suku hatam bernad mandacan dan kepala kampung Yamboi Haryono saat mendengar aspirasi masyarakat Kampung yang hendek memekarkan tiga kampung.

Pembangunan rumah sosial terbengkalai,  DPRD Mansel minta Dinsos PB bertanggungjawab

RANSIKI, Cahayapapua.com— Anggota DPRD Kabupaten Manokwari Selatan meminta Dinas Sosial Papua Barat bertanggungjawab menyelesaikan pembangunan 9 unit rumah sosial di Kampung Yamboi, tepatnya di Mberma, Distrik Ransiki, Manokwari Selatan. 

“Ada 9 rumah yang dibangun sejak 2013 lalu hingga saat ini terbengkalai, jadi masyarakat juga enggan menempati,” kata Anggota DPRD Manokwari Selatan Irianti Mandacan di Ransiki, Sabtu.

Dikatakan, 9 unit rumah sosial itu merupakan tanggungjawab Dinas Sosial Papua Barat yang dikerjakan oleh kontraktor, namun ironisnya selama proses pembangunan hingga sekarang tidak ada papan pengumuman yang dipasang.

“Rumah tersebut awalnya mau dilanjutkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Manokwari Selatan tetapi saya minta tidak boleh sebab jangan sampai tumpang tindih karena itu tanggung jawab Dinsos Papua Barat,” kata Irianti.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan setelah mendapati pembangunan perumahan yang terbengkalai itu, pihaknya berkonsultasi dengan Dinas Perumahan Kabupaten Mansel namun jawaban yang didapati 9 unit rumah itu dibangun oleh Dinsos Papua Barat sejak 2013 lalu.

“Saya lalu mengkonsultasikan hal ini dengan Inspektorat bahwa syarat kelayakan rumah kemudian jatuh tempo pembangunan rumah dari 120 hari atau 90 hari kalender kerja namun hal itu sudah dilalui tetapi kondisi rumah nampak terbengkalai,” ujar Irianti.

Dia menguraikan saat meninjau perumahan tersebut, masih terdapat kekurangan sedangkan jatuh tempo pekerjaan sudah selesai. Dia menduga proses pelunasan pembayaran kepada pihak kontraktor pun telah dilakukan tapi faktanya pekerjaan di lapangan belum mencapai 100 persen.

“Saya akan datangi Inspektorat provinsi untuk berkonsultasi agar kiranya mereka bisa memanggil dinas terkait dengan kontraktornya untuk mempertanggung jawabkan pekerjaan tersebut, ” ujarnya. (mar)

Tinggalkan Balasan