Desain tugu peradaban islam Modan di Babo-Teluk Bintuni

BINTUNI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni memiliki program akan membangun situs Islam masuk ke Bintuni di Distrik Babo. Proses tahapan pembangunannya saat ini masih dalam perencanaan.

Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, beberapa waktu lalu  mengatakan, rencana pembangunan situs peradaban Islam Modan di Babo, itu merupakan janji dirinya pada saat masa kampanye dulu. Namun dalam proses membangun diperlukan perencanaan yang baik, agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Membangun itu sangat mudah, tapi harus melalui perencanaan yang sangat baik terlebih duluh, seperti lokasinya, model situs seperti apa dan lain lain, kalau semua sudah fiks baru situsnya dibangun. Saya harap di periode bersama Wakil Bupati, situs Islam masuk di tanah Babo harus sudah dibangun,” kata Bupati Kasihiw saat melakukan kunjungan kerja ke Distrik Babo.

Orang nomor satu di kabupaten penghasil gas itu menjelaskan membangun situs seperti itu agar menjadi kenangan bagi semua masyarakat. Sehingga orang tau bahwa di Bintuni adalah agama keluarga, dan menjadi peradaban sejak tahun 1600  di Babo Bintuni orang sudah mengenal agama.

Menurut Kasihiw pembangunan situs -situs bukan untuk kebesaran nama seseorang, namun sebagai kenangan atau sejarah bagi agama -agama yang hadir di tanah ini.

“Kalau situs agama lain seperti Kristen, sudah dibangun di Idor dan Jakati, nah kalau untuk situs agama Islam kan belum ada,” ucapnya. |Arif Triyanto

Leave a Reply