Proses Pengaspalan Jalan Muari Beberapa Waktu Lalu

Pembukaan Jalan Jadi Prioritas Dinas PU Mansel

MANSEL, Cahayapapua.com– Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Manokwari Selatan pada beberapa tahun kedepan masih menfokuskan program kerjanya pada pembukaan aksesibiltas transportasi di daerah tersebut.

Hal ini terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten yang dilaksanakan, Kamis (31/3).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Manokwari Selatan, Yakobus Harewan pada kegiatan tersebut mengatakan, menghubungkan seluruh jalur transportasi antar kampung dan distrik akan jadi usulan utama dinas tersebut.

“Tahun depan kita masih fokus untuk membuka keterisolasian kampung serta meningkatkan jalur transportasi antar distrik,” katanya pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Masjid An-Nur Ransiki itu

Program terbesar yang akan dilaksanakan pada 2016, berupa peningkatan dan pembukaan jalan serta embangunan jembatan. Terkait program tersebut, masih banyak daerah yang bisa terakomodir pada tahun ini. Sehingga program pembangunan di daerah yang belum terakomodir akan diusulkan agar terakomodir ditahun-tahun berikutnya.

“Untuk tahun ini, 80 persen anggaran yang kita kelola habis pada pekerjaan peningkatan dan pembukaan jalan. Untuk menjawab kebutuhan transportasi di daerah ini, kita masih kekurangan banyak, dan hal itu akan menjadi fokus utama kedepan,” ujarnya

Menurutnya program itu merupakan salah satu kunci keberhasilan program utama bupati dan wakil bupati yang disampaikan pada masa pilkada lalu, yaitu pemerataan pembangunan dengan cara membangun dari kampung menuju perkotaan.

Sejauh ini kendala terbesar yang dihadapi Dinas PU dalam melaksanakan sejumlah program di pedesaan adalah masalah transportasi. Hal ini berdampak pada pelaksanaan program di pedesaan tidak maksimal.

“Ada yang hanya bisa jalan setengah, dan ada pula yang bahkan tidak terlaksana, karena jalur transportasi tidak bisa diakses” ungkapnya (ACM)

Tinggalkan Balasan