Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw (kanan)

Pemda Bintuni akan Bangun Beberapa Fasilitas Umum Penting

BINTUNI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dibawah kepemimpinan Bupati Petrus Kasihiw dan Wakil Bupati Matret Kokop akan membangun fasilitas umum penting diantaranya bandara, pelabuhan, saran air bersih dan listrik yang memadai.

“Bila daerah ini berkembamg jadi kawasan industri kita perlu bandara, pelabuhan yang besar. Air bersih, listrik yang sampai hari ini masyarakat masih mengeluh karena sering mati,” kata Bupati usai memimpin apel gabungan di Kantor Bupati, Senin (10/10).

Kasihiw menjelaskan bahwa kebutuhan pelabuhan dan bandara sangat vital bagi Bintuni. Namun untuk menentukan letak fasilitas umum tersebut harus melakukan studi kelayakan.

“Tinggal melakukan studi kelayakan (pelabuhan) dimana yang cocok, demikian juga dengan pembangunan bandara karena masih kecil,” katanya.

Ditanya analisi dampak lingkungan pembangunan pelabuhan bupati mengaku belum mendapat laporan final dari kepala dinas perhubungan. Namun Bupati berharap jika dilakukan survei, haruslah dibeberapa tempat, jangan cuma satu tempat.

Bupati juga mengingatkan bahwa penentuan lokasi survei juga tidak bisa dilakukan sembarangan mengingat sebagian wilayah perairan di daerah penghasil gas ini merupakan kawasan hutan lindung yakni hutan bakau.

“Maksud saya kalau mau survei jangan satu lokasi saja. Kita harus survei beberapa lokasi yang menjadi alternatif. Apa tingkat kesulitannya dan apa elternatifnya, setelah itu baru finalisasi daerah yang cocok baru ditindaklanjuti dengan Amdal. Studi kelayakan dulu baru detail engginering,” katanya lagi.

Bupati juga menambahkan, selain itu, pemda juga akan melakukan 8 paket pekerjaan yang akan dimasukan dalam RPJMD. Namun pekerjaan itu baru akan dilaukan jika pemda sudah menyelesaikan perencanaan yang menjadi dasar penyusunan RPJMD. (ART)

 

Tinggalkan Balasan