Ilustrasi

Pemda dorong kampung gunakan dana desa sesuai peruntukan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), berharap penggunaan dana desa merata dan sesuai peruntukannya.

Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Manokwari, Teguh Budi Prakoso, usai meninjau langsung beberapa kampung di distrik Masni, Senin (30/10/2017).

Dia mengatakan, proses pembangunan sturuktur dan infrastruktur perdesaan yang menggunakan dana desa, bertujuan untuk mendongkrak pembangunan desa.

“Sebagaimana tujuan dari dana desa, untuk membangun desa, tentu kita harap digunakan sesuai peruntukannya,” ujar Budi.

Selain itu, juga diharapkan dengan adanya pengawasan dan pemeriksaan yang ketat dari berbagai pihak seperti kepolisian, kejaksaan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), penggunaan dana desa jauh dari penyimpangan.

“Saya mengingatkan agar dana desa dikelola dengan baik. Dan mengimbau setiap kepala kampung agar tidak bermain-main dengan dana desa,” tandasnya.

Selanjutnya dia menuturkan, hingga saat ini, pihaknya telah menerima laporan dugaan penyelewengan dana desa di 2 kampung dari 32 kampung yang yang ada di distrik Masni. Namun salah satu kampung tersebut telah mengembalikan selisih anggaran yang digunakan pada tahap satu.

“Jadi sisa satu kampung diketahui bermasalah penggunaan dana desanya, jadi terpaksa diperiksa dulu, dan dana desanya telah dipantau dan akan diperiksa oleh Inspektorat,” ucap dia

Dijelaskan, dikarenakan bermasalah pada tahap I, kampung tersebut tidak diusulkan pada tahap II. Pihaknya pun telah memanggil dan memeriksa Kepala distrik dan kampung tersebut, meski sangsinya masih sebatas pembinaan.

“Kita lihat, laporan pertanggungjawaban itu, banyak belum riil di lapangan sehingga harus disurvei langsung dengan kondisi di lapangan,” pintanya.

Untuk itu, ia kembali mengimbau, agar kepala desa, memaksimalkan pengelolaan dana desa. Dan jika didapati kepala kampung yang masih membandel dengan melakukan upaya penyelewengan, pihaknya berjanji tak akan segan-segan menindaknya. (cr-80)

Tinggalkan Balasan