PUPNS 2015

Pemda Imbau, Pegawai Segera Serahkan Berkas

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com– Kepala bagian kepegawaian Sekretariat Daerah Manokwari Selatan, Adolof Kawei, mengimbau seluruh pegawai segera menyerahkan berkas masing-masing kepada bagian kepegawaian agar segera didaftarkan ke Kementerian. Hal ini dilakukan menyusul adanya kebijakan pendaftaran ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ia juga minta, pegawai menyerahkan data yang betul-betul valid, agar pendaftaan ulang tidak mengalami kendala. “Jangan sengaja melampirkan dokumen yang sudah pernah ditolak sebelumnya, misalnya, pada saat mengurus kenaikan pangkat yang diterima hanya batas ijazah SMA, ya lampirkan yang SMA saja, tidak usa berspekulasi karena hasilnya akan merugikan diri sendiri,” imbaunya saat dikonfirmasi Cahaya Papua beberapa waktu lalu.

Adolof menegaskan, bagi pegawai yang terlanjur mendaftar ulang sendiri, agar segera mengurus pemindahannya dari Kabupaten asal, melalui pemerintah provinsi, sebab, bagi mereka yang mendaftar secara diam-diam akan kembali terdaftar di kabupaten atau tempat semula.

Sementara bagi pegawai yang tidak mengurus pemindahaan, yang bersangkutan tidak akan diakomodir saat ia mengurus kenaikan pangkat.

Ia memastikan, bagi PNS yang mengurus pendaftaran ulang PNS melalui bagian kepegawaian Kabupaten Manokwari Selatan, secara otomatis suda terdafrtar sebagai PNS di pemerintahan tersebut. Dia menyebut, banyak pegawai yang tidak sabar serta tidak menghargai bagian kepegawaian, dengan langsung mengentri sendiri data mereka, hal itu akan memberatkan yang bersangkutan.

“Sebenarnya saya bisa menahan gaji yang bersangkutan, tetapi untuk saat ini saya masi memberikan kebijakan. Karena sudah terlanjur jalan sendiri tanpa koordinasi, maka sanksi tetap harus dijalankan, yaitu yang bersangkutan harus mengurus SK pemindahan sendiri di provinsi, kalau tidak saya tidak akan akomodir saat mengurus kenaikan pangkat,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun Cahaya Papua, saat ini, jumlah pegawai yang terdaftar di Kabupaten Manokwari Selatan mencapai, 624 orang, termasuk pegawai distrik, petugas kesehatan dan tenaga guru serta sekretaris kampung. 142 orang diantaranya sudah meyerahkan berkas ke Bagian Kepegawaian Mnaokwari Selatan.

Adolof berharap, bagi yang belum menyerahkan data, segera menghadap Bagian Kepegawaian untuk didaftarkan. Meskipun jumlah petugas dibagian kepegawaian terbatas, pihaknya serius dan yakin dapat menyelesaikannya hingga batas waktu yang ditentukan pemerintah pusat. | SOETANTO | EDITOR : TOYIBAN