Kantor bupati Manokwari. Foto: Flikr.com

Pemda Manokwari Belum Serahkan Dokumen Prolegda ke Balegda

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Pelaksanaan Program Legislasi Daerah (Prolegda) DPRD Manokwari terhambat karena belum dilakukan penyerahan dokumen Prolegda maupun Peraturan Bupati (Perbub) tentang Prolegda kepada Badan Legislasi Daerah (Balegda).

Padahal pemda berjanji akan menyerahkan Prolegda dan Perbub paling lambat dua minggu setelah pengesahan LKPj bupati 2014 bulan lalu.
“Janjinya eksekutif (pemda) itu kemarin kan mereka menyerahkan Prolegda sesegera mungkin dan hingga saat ini saya belum terima Prolegda maupun Perbub tentang Prolegda,” ungkap Ketua Badan Legislasi DPRD Manokwari, Imam Muslih di DPRD Manokwari, Selasa (29/9/2015) siang.

Politisi PKS ini mengatakan dalam Prolegda yang telah disiapkan itu, Pemerintah Kabupaten Manokwari juga menyertakan beberapa usulan Perda baru. Hal itu dimungkinkan dapat segera dibahas dan ditetapkan oleh Balegda bila Perbub tentang Prolegda sudah dikeluarkan.

Menurutnya, dengan tidak dikeluarkannya Perbub tentang Prolegda, maka DPRD tidak dapat membahas usulan perda baru maupun perda lama yang belum ditetapkan sebelumnya, sebab hal itu akan berimplikasi pada penganggaran kegiatan.

Ia menyatakan, DPRD prinsipnya dalam posisi menunggu penyerahan Prolegda dan Perbub tentang Prolegda. “Dewan pada prinsipnya menunggu.”

Ia pun menyatakan mskipun dalam waktu dekat ini diserahkan, dirinya tidak menjamin dapat menyelesaikan semua usulan Perda yang diusulkan eksekutif.

“Kalau ditahun ini hanya beberapa perda yang bisa dibahas dan disahkan tidak masalah, sisanya dapat dibahas dan ditetapkan ditahun-tahun mendatang, karena Prolegda ini sifatnya tentative atau terus bergulir,” terang Imam. |RIZALDY