Kantor bupati Manokwari. Foto: Flikr.com

Pemda Manokwari Didorong Optimalkan Sumber-sumber PAD

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Manokwari didorong mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya ekonomi di daerah ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemerintah dinilai belum optimal mengelola sejumlah sektor sehingga menghambat target PAD.

Direktur LSM Kamuki Manokwari Sena Adji Bagus mengatakan, untuk mewujudkan target PAD, pemda dapat menggalinya melalui sektor jasa, partanian, perkebunan dan pariwisata yang belum dikelola secara optimal.

“Untuk sektor pertanian misalnya, pemerintah bisa meningkatkan penanaman massal jenis tanaman palawija seperti jagung dan kedelei,” kata Sena di Manokwari, Jumat (13/2/2015).

Untuk menanam massal jagung dan kedelai, pemerintah menurutnya perlu memikirkan pembinaan petani melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), termasuk menyediakan pasar bagi hasil pertanian tersebut.

Menurut Sena, Manokwari memiliki potensi untuk menjadi sentra pertanian bagi dua jenis palawija itu jika desainnya disiapkan dengan baik dan terencana.

Selain pertanian, Manokwari juga berpotensi mendapat PAD yang tinggi dari sektor parawisata jika sarana infrastruktur menuju lokasi parawisata sudah baik. Masyarakat sekitar daerah parawisata juga perlu diberdayakan untuk meningatkan PAD pada sektor ini.

Pemda Manokwari juga bisa melakukan kerjasama multi sektoral dengan Pemda Teluk Bintuni, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak, karena akses transportasi ke sejumlah daerah tersebut melewati Manokwari. “Ini nilai tambah tersendiri bagi Pemda Manokwari,” kata Sena. |RIZALDY

Tinggalkan Balasan