Kantor DPRD Manokwari. Foto: Ist

Pemda Manokwari Diharap Lunasi Utang 2014 Tahun Ini

Romer Tapilatu.

Romer Tapilatu.

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Komisi Anggaran DPRD Manokwari menegaskan agar pemda Manokwari melunasi utang 2014 pada tahun anggaran 2015. Ini penting agar roda pemerintahan bisa berjalan normal.

Anggota Komisi Anggaran DPRD Manokwari Romer Tapilatu menilai, pemda mampu melunasi utang kepada Bank Papua jika mengelola aset dan sumber pendapatan daerah dari sektor pajak maupun bukan pajak dengan maksimal.

Romer pernah menyampaikan agar Pemda Manokwari perlu belajar dari pemda Merauke yang dinilai mampu mengumpulkan PAD hingga rata-rata Rp. 142 miliar per tahun. Sementara Manokwari hanya pada kisaran 42 miliar pertahun, padahal menurutnya, dari sisi wilayah serta SDM, Manokwari lebih maju dibanding Merauke.

Selain itu, Romer juga menekankan agar Pemda Manokwari berhenti mengajukan pinjaman pada tahun anggaran 2015 atau tahun berjalan.

Menurut Romer, masa jabatan bupati dan wakil bupati Manokwari saat ini sudah tidak memungkinan Pemda untuk mengajukan pinjaman.

“Kami tidak habis pikir kenapa utang Pemda bisa naik, dari 44 miliar di tahun 2013 menjadi 64 ditahun 2014,” ujar Romer di Manokwari, Selasa (30/12/2014).

Untuk itu, Ketua Fraksi Manokwari Hebat DPRD Manokwari ini menegaskan agar Pemda Manokwari melakukan pertimbangan secara matang jika masih berniat untuk mengajukan pinjaman. |TOYIBAN

Tinggalkan Balasan