Ilustrasi. www.tubasmedia.co

Pemda Manokwari Diminta Seriusi Penyaluran Bantuan Pendidikan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com––Sekretaris Fraksi Manokwari Hebat di DPRD Manokwari, Trisep Kambuaya menyesalkan sikap bendahara Kabupaten Manokwari yang terkesan lambat menyalurkan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi di beberapa perguruan tinggi di luar Manokwari.
“Keterlambatan penyaluran bantuan pendidikan ini menimbulkan sikap arogan mahasiswa yang kecewa terhadap pemerintah. Sehingga mereka melakukan aksi demonstrasi dan pemalangan kantor Bupati Manokwari,” ungkap Trisep di kantor DPRD Manokwari, Jumat (12/6/2015).
Trisep meminta Pemda menyalurkan bantuan pendidikan tahun ini tepat sasaran. Diawal tahun 2015 lalu, DPRD bersama Pemkab Manokwari serta PT. Pos Indonesia telah merancang strategi penyaluran beasiswa bagi mahasiswa Manokwari yang menempuh pendidikan di luar Manokwari.
Penyaluran bantuan pendidikan lanjut Trisep, telah disepakati dalam bentuk Memorandum Of Understanding (MOU) antara Pemda dengan PT. Pos Indonesia. Hal ini dilakukan demi kemudahan penyaluran bantuan kepada mahasiswa yang benar-benar terdaftar di perguruan tinggi dan aktif menjalankan perkuliahan dikampus tersebut.
Pemda diminta lebih giat melakukan pemutakhiran data mahasiswa dengan melakukan verifikasi data mahasiswa yang diserahkan dari mahasiswa di masing-masing daerah tempat studi. Koordinasi pun harus dilakukan dengan kampus yang bersangkutan.
“Sehingga tidak ada lagi yang bukan mahasiswa atau mahasiswa yang telah wisuda masih mendapatkan bantuan pendidikan melainkan mereka yang terdaftar dalam data base pemerintah yang dibuktikan dengan dokumen status kemahasiswaan mereka,” kata Trisep
Trisep menambahkan, Pemda mesti serius menyikapi permasalahan penyaluran bantuan pendidikan yang berujung pada pemalangan kantor bupati Manokwari beberapa waktu lalu. “Senin pekan depan, persoalan itu harus selesai dengan baik,” harapnya.| MUHAMMADRIZALDY