Para pekerja merapikan aspal agar lapisannya menjadi lebih tebal, Selasa 13 Januari 2015 pada ruas jalan lingkungan di Manyosi, Reremi. Jalan ini dilapisi aspal hotmix. | CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Pemda Manokwari Hotmix Jalan Lingkungan Manyosi dan Biryosi

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Jalan merupakan kebutuhan vital karena menjadi urat nadi perekonomian masyarakat. Tersedianya infrastruktur jalan yang memadai juga menjadi salah satu indikator kemajuan daerah.

Inilah yang melandasi Pemerintah Kabupaten Manokwari selalu menjadikan pembangunan infrastruktur jalan sebagai program prioritas pada setiap tahun anggaran.

“Saya yakin jalan adalah salah satu indikator kemajuan satu daerah tapi juga jalan ini juga merupakan faktor pendukung untuk kelancaran dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, “ kata Bupati Manokwari Bastian Salabai.

Hal itu dikemukakan Bupati usai menandai dimulainya proyek peningkatan jalan lingkungan di kompleks pemukiman Manyosi, Reremi serta jalan tembus menuju kampung Biryosi Manokwari, Selasa (13/1/2015).

Jalan lingkungan pada dua kompleks pemukiman tersebut kini dilapisi aspal hotmix (aspal goreng) sehingga tidak hanya permukaan jalan menjadi mulus dan rapi, tetapi juga daya tahan jalan menjadi jauh lebih kuat.

Bupati mengatakan, peningkatan jalan dimaksud menjadi perwujudan komitmen Pemda membangun dari kampung ke kota. Di mana, meski pembangunan dominan diarahkan ke kampung-kampung, namun tidak mengabaikan di dalam kota.

“Tujuannya agar pemukiman masyarakat tertata baik, rapi dan bersih sehingga aktivitas masyarakat sehari-hari pun berjalan lancar, “ ucap Salabai sembari berharap warga sekitar merawat jalan tersebut agar bertahan lama.

Adapun total panjang jalan yang diaspal hotmix adalah 1.100 meter dengan perincian jalan di Manyosi sejauh 400 meter dan jalan Biryosi sepanjang 700 meter. Proyek peningkatan dua ruas jalan tersebut bersumber dari dana APBD 2014 sebesar Rp.1,1 miliar.

“Kalau jalan ini sudah baik, aktivitas masyarakat akan semakin bertambah sehingga taraf hidup masyarakat akan membaik, “ ujar Salabai yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Dinas PU Wempi Bandung serta beberapa kepala SKPD. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan