Kantor bupati Manokwari.

Pemda Manokwari Kucurkan 188 Miliar Rupiah untuk Sektor Pendidikan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Manokwari mengalokasikan dana sebesar Rp.188 Miliar untuk pendidikan di Manokwari pada tahun anggaran 2015. Rp.188 M itu akan direalisasikan untuk belanja langsung dan tidak langsung.

Ketua Komisi A DPRD Manokwari, Ayu Humaira Bataray, Kamis (15/1/2015), mengatakan, belanja langsung untuk bidang pendidikan dialokasikan dana sekitar 71 Milar dan sisanya untuk belanja tidak langsung.

Belanja tidak langsung lebih besar karena jumlah kegiatan lebih banyak dibanding belanja langsung, diantara biaya operasional sekolah, sertifikasi guru serta pemberian beasiswa.

“Khusus untuk pemberian beasiswa Komisi A akan melaksanakan hearing bersama intansi penerima seperti perguruan tinggi dan sekolah-sekolah,” ujarnya.

Hal itu dilakukan, lanjut Ayu, untuk mendata kembali para penerima beasiswa. Sebab dari laporan yang diterima Komisi A, ada beberapa penerima dari kalangan mahasiswa yang terus menerus menerima beasiswa sementara kuliahnya tidak selesai-selesai, bahkan ada pula penerima yang tidak lagi berkuliah.

Menurut Ayu, data penerima beasiswa harus diperbarui untuk mengantisipasi terjadinya pemberian beasiswa yang tidak tepat sasaran. “Pemda dan DPRD sudah bersepakat untuk pembaruan data penerima beasiswa,” katanya.

Sementara untuk kesehatan dana yang dialokasikan pemda Manokwari pada tahun anggaran 2015 berada dikisaran Rp.50 Miliar lebih. Untuk dinas Kesehatan mendapat alokasi anggaran kurang 39 Miliar sementara RSUD Manokwari kurang lebih 20 Miliar. (IBN)

 

Tinggalkan Balasan