Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo secara simbolis menyerahkan Bantuan sosial Beras sejahtera (Bansos Rastra) kepada keluarga penerima manfaat di halaman kantor Distrik Manokwari Barat, Kamis (25/1). Untuk Distrik Manokwari Barat, jumlah penerima Bansos Rastra sebanyak 2.670 kepala keluarga.

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Untuk mengurangi beban pengeluaran  keluarga penerima manfaat atau KPM dalam hal pemenuhan pangan beras,  Pemkab Manokwari melalui Dinas Sosial menyerahkan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) kepada masyarakat penerima manfaat di Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor Distrik Manokwari Barat, Kamis (25/1) dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo. Dalam sambutannya, Edi Budoyo menyampaikan, manfaat beras ssejahtera adalah untuk peningkatan ketahanan  pangan di tingkat keluarga penerima manfaat.

“Bantuan inipun sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan akses pangan baik secara fisik maupun ekonomi,” ujarnya.

Dijelaskan, Bansos Rastra merupakan program yang baru diluncurkan  Pemerintah Pusat melalui Kementerian  Sosial RI untuk meningkatkan aksesbilitas terhadap pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan sosial dalam mendukung tercapainya kualitas hidup keluarga miskin.

“Untuk Manokwari program sosial non tunai berupa beras sejahtera yang diberikan Kemensos RI berjumlah 12.067 keluarga. Khusus Distrik Manokwari Barat, penerimanya 2.670 keluarga. Masing – masing kepala keluarga akan menerima banguan beras secara gratis sebanyak 10 Kg/ bulan,” paparnya.

Mantan Pelaksana Tugas Bupati Mansel inipun berharap, keluarga penerima manfaat Bansos Rastra dapat mensyukuri berkat Tuhan ini dengan memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik. “ Bansos Rastra ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat, makmur dan sejahtera,” tutupnya. (CR79)

 

 

Leave a Reply