Kantor bupati Manokwari.

Pemda Manokwari Siapkan 13 Miliar, Ganti Rugi 18 Lokasi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—- Pemkab Manokwari merencanakan pembayaran ganti rugi hak ulayat terhadap 18 lokasi dalam tahun ini. Anggaran yang dipersiapkan mencapai kurang lebih Rp.13 miliar.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Kabupaten Manokwari Albinus Cobis mengatakan lokasi-lokasi yang bakal dibayar ganti rugi tanahnya itu meliputi sarana pendidikan, sarana kesehatan, kuburan umum juga kantor distrik. Termasuk pula tanah lokasi tugu Manokwari kota Injil di bukit Fanindi Dalam dan lokasi bendung Wariori di Masni.

“Yang terbesar adalah untuk Bandara Rendani sebesar 5 miliar (pembayaran tahap III), “ ucap Binus di ruang kerjanya di kantor bupati, baru-baru ini.

Namun dari 18 lokasi, tidak termasuk gedung uji KIR di Sowi IV yang hingga sekarang ini masih dipalang oleh pemilik ulayat. Menurut Binus, sesuai dokumen yang dimiliki Pemkab Manokwari, tanah lokasi gedung uji KIR dan timbang kendaraan bermotor itu sudah lunas pada 1998.

“Makanya kita tidak berani anggarkan lagi karena nanti bisa jadi temuan. Kita sudah sarankan agar masyarakat gugat saja ke pengadilan. Supaya kalau nanti masyarakat yang menang, Pemda pasti bayar karena ada dasarnya putusan pengadilan. Tetapi kalau tidak begitu, tidak bisa kita anggarkan lagi, “ pungkas alumnus IPDN Jatinangor itu. | ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan