Pemasangan lampu penerangan jalan, di sepanjang jalan Trikora Wosi, Manokwari, Jumat (10/11).

Pemda Manokwari tunaikan janji tambah lampu jalan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Daerah (Pemda) Manokwari menunaikan janjinya, dengan menambah sejumlah lampu jalan di beberap titik kota Manokwari.

Hal itu dilakukan sesuai janji Pemda dalam menerangi kota dan membuat Manokwari terang benderang yakni akan memasang 50 lampu penerang jalan.

Pantauan Cahaya Papua, sekitar 25 tiang lampu penerangan jalan Smart Sistem (SS), mulai dipasang sepanjang jalan Trikora Wosi tepatnya dari depan toko KIA hingga kompleks kampung Makassar.

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Manokwari Wanto, mengatakan, pemasangan lampu penerang jalan ini sebagiamana yang dijanjkan Pemda dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Dikarenakan, masih minimnya lampu penerangan jalan, khususnya di beberapa titik, seperti Reremi, Wosi dan Sanggeng. Untuk itu penambahan lampu penerangan jalan ini akan dialokasikan dari APBD secara bertahap.

“Memang kita sudah mulai pemasangan lampu jalan dan akan dilakukan secara bertahap, tapi untuk lebih jelasnya bisa hubungi biro pembangunan Setda atau asisten II bidang pembangunan dan perekonomian,” ujar Wanto yang dikonfirmasi, Jumat (10/11/2017).

Terpisah, anggota Komisi B DPRD Manokwari, Romer Tapilatu  menuturkan, dengan adanya pungutan pajak penerangan jalan (PPJ) yang dibebankan kepada pelanggan PLN, semestinya dapat digunakan untuk pemasangan dan pemeliharaan lampu jalan.

“Data PLN, per Juli adalah jumlah pelanggan listrik di Manokwari mencapai 44 ribu. Artinya, kalau sebulan 300 juta berarti dalam setahun penerimaan daerah sebesar Rp 3 Miliar lebih yang bersumber dari PPJ. Tapi dilaporkan hanya mencapai 2,4 miliar lebih, ini tidak sinkron,” ujarnya.

Menurut Romer, penerimaan PPJ tiap bulan yang disetorkan PLN kepada Pemda sesuai Perda adalah 3 persen. Oleh sebab itu, seharusnya terkait pengelolaan, Pemda berhak menentukan titik-titik pemasangan lampu jalan umum.

Disisi lain penetapan dan pemasangan lampu jalan diharapkan dapat berjalan merata dan efektif.

Adapun sesuai data yang dihimpun, pengadaan jaringan lampu jalan dengan kode RUP12781295 tertanggal 17 september 2017.

Dengan lingkup pekerjaan yakni pemasangan lampu jalan solar cell sepanjang jalan trikora Manokwari dengan Satuan Kerja Bagian Perekonomian Daerah Setda Manokwari, Kategori Pekerjaan Konstruksi, dengan metode pengadaan e-Lelang umum ini menghabiskan anggaran APBD 2017 dengan Nilai Pagu Paket sebanyak Rp 1.3 Miliar. (cr-80)

Tinggalkan Balasan