Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan.

Pemda Siapkan 10 Persen APBD untuk Bidang Keagamaan

MANOKWARI, Cahayapapua.comBupati Manokwari, Demas Paulus Madacan mengatakan siap untuk mengalokasikan 10 persen dari APBD Kabupaten Manokwari untuk bidang keagamaan. Dimana hal tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk perbaikan maupun pembangunan rumah-rumah ibadah.

Selain itu bantuan tersebut juga tidak akan diberikan langsung secara tunai melainkan dalam bentuk pembangunan maupun perbaikan. Karena sejauh ini jika bantuan tersebut diberikan dengan dana tunai maka nantinya tidak berjalan efektif dan sering salah digunakan.

“Bantuan tunai tidak ada, kita akan berikan di rekening atau pemerintah yang bangun rumah ibadah dan jemaat tinggal hanya menerima kunci saja. Kalau kita serahkan kepada jemaat pembangunannya pasti akan lama,”ucapnya.

Bupati juga mengatakan, hal tersebut tentunya akan dilihat dari kemampuan keuangan daerah, sehingga tidak sekaligus semua rumah ibadah di Kabupaten Manokwari mendapat bantuan yang dialokasikan melalui APBD ini.

Idealnya tiap tahun pemda akan memberikan bantuan berupa perbaikan maupun pembangunan satu hingga dua rumah ibadah, dimana hal tersebut juga akan dirasakan oleh masyarakat.

Nantinya 10 persen dari APBD yang diperuntukan untuk keagamaan ini akan diperuntukan untuk semua agama yang ada di Kabupaten Manokwari, sehingga tidak terjadi kecemburuan antara agama. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan