Kabupaten Bintuni

Pemerintah Bintuni Teken Dua Kesepakatan dengan LNG Tangguh

BINTUNI,CAHAYAPAPUA.com—– Di sela-sela resepsi peringatan HUT ke 12 Kabupaten Teluk Bintuni di gedung serbag guna, Bintuni dilakukan penandatanganan MoU (nota kesepemahaman, red.) antara LNG Tangguh dengan pemerintah daerah.

Menurut Bupati Teluk Bintuni, Alfons Manibui bahwa MoU tersebut berisi tentang kerjasama terkait pembangunan perumahan di Distrik Weriagar dan Tomu. Selain itu juga MoU di bidang sosial tentang Social Integrated Program.

Menurut Bupati selama ini sudah cukup banyak kerjasama antara Pemerintah daerah dengan LNG Tangguh, salah satunya adalah terkait layanan listrik tenaga gas. Sementara yang MoU yang ditandatangani oleh kedua pihak ini merupakan bentuk kerjasama terbaru, terutama terkait pelaksanaan AMDAL pada pengembangan Train tiga LNG Tangguh.

Terkait dengan pembangunan rumah di sisi pantai utara (weriagar, tomu dan taroi), Alfons menyebutkan tidak hanya pihak BP yang menggelontorkan bantuan tetapi sebagian berasal dari dana pemerintah daerah.

“Ini bukan hanya BP saja yang kasih uang tapi kita kerjasamakan. Ada bagian dari BP dan ada yang dari pemda, mudah-mudahan bisa terwujud,” ucapnya singkat.

Selain perumahan juga dilaksanakan kerja sama di bidang program sosial.”Semua program sosial dari BP, apakah itu kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan lain-lain kita kerjasama kan secara terpadu. Sekali lagi saya selalu punya prinsip bahwa kami tidak terima uang dari BP tapi harus ada dana kami dari pemda. Karena harus ada harga diri yang harus kita jaga, supaya bisa lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu head of country BP Indonesia, Darmawan Samsu menegaskan bahwa pihaknya merupakan mitra pemerintah yang akan bekerja sama mewujudkan tujuan yang diharapkan.

“Ijinkan kami dri LNG menjadi mitra untuk mencapai apa yang di cita-citakan,” ungkapnya.

Terkait pembangunan renovasi perumahan rakyat di wilayah pantai utara (pantura),

Darmawan mengungkapkan bahwa renovasi rumah yang akan dikerjakan sebanyak 456 unit yang terdiri dari 171 unit rumah di Distrik Weriagar dan 285 unit rumah di Distrik Tomu.

“Jadi pengerjaan rumah ini merupakan kerja sama antara pemda Teluk Bintuni dengan BP Tangguh, sebab kedepan bukan saja rumah yang dikerjakan namun kita akan mengerjakan infrastruktur seperti jalan dan jembatan serta fasilitas olahraga dan lainnya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa renovasi perumahan rakyat tersebut sebagai bentuk kepedulian BP Tangguh kepada masyarakat adat di wilayah Pantura. |ARI MURTI