Dua ekor burung elang laut (Haliaeetus leucogaster) dan dua burung kakatua raja (Probosciger aterrimus) yang disita dari tersangka “N” di kediamannya di Keluarhaan Rufei, Sorong, Papua Barat pada 15 April 2016 oleh Polresta Sorong. Foto : WCU via Mongabay Indonesia

Pemerintah Didesak Hentikan Penyeludupan Hewan Endemik Papua

SORONG, Cahayapapua.com—-  Pemerintah Papua Barat termasuk dinas kehutanan dan BKSDA di tingkat provinsi maupun kabupaten didesak untuk menghentikan maraknya penyeludupan hewan endemik Papua ke luar Papua.

“Perburuan, pencurian satwa endemik Papua yang dilindungi setiap bulan atau minggu terjadi di daerah ini sehingga perlu ada perhatian serius dari pemangku kepentingan,” kata Pemuda Sorong Raya Alfius Kambu kemarin.

Salah satu contoh perburuan dan penyelundupan yang sedang marak terjadi ialah pada burung cenderawasih, yang bahkan diselundupkan ke luar negeri.

Secara terpisah tokoh intelektual Moi Jhon Malibela menyatakan, oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab telah menyelundupkan hewan-hewan endemik ke luar Papua secara rutin sehingga pemerintah tidak boleh diam.

“Pihak pemerintah provinsi dan kabupaten/kota termasuk kementerian terkait harus tegas menyikapi masalah ini demi lestarinya ekosistem satwa endemik Papua agar keberadaanya tetap lestari,” katanya. (JOS)

Tinggalkan Balasan