Ilustrasi

Pemerintah Didesak Perkuat Sekolah Berpola Asrama

KAIMANA, Cahayapapua.com—  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kaimana melalui Fraksi Partai Demokrat pada pembahasan RPJMD meminta Pemerintah Daerah memaksimalkan pengelolaan sekolah berpola asrama di tingkat distrik. Dewan juga minta pemerintah menyediakan asrama sebagai tempat tinggal di ibu kota kabupaten untuk menampung siswa/siswi SMA/SMK yang berasal dari kampung.

Selain terkait asrama, DPRD juga mengingatkan pemerintah agar perlu menyediakan data base tentang jumlah guru, sertifikasi guru serta keberadaan dan sebaran guru di tempat masing-masing distrik, termasuk data base tentang rumah guru yang layak.

Menjawab ini, Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa, S.Sos,MH mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (PRPJMD) Kabupaten Kaimana Tahun 2016-2021 menempatkan isu pendidikan sebagai salah satu isu strategis utama. Untuk menghadirkan pendidikan berkualitas, Pemerintah Daerah akan fokus pada 3 isu utama yakni pembenahan, peningkatan mutu tenaga pendidik dan siswa.

Pemerintah Daerah lanjut Wabup, akan melakukan revitalisasi Sekolah Satu Atap (SATAP) di beberapa distrik. Revitalisasi SATAP bertujuan mendorong peningkatan partisipasi sekolah terutama kepada masyarakat yang ada di kampung-kampung. Lewat pendekatan Satap yang diikuti tata kelola yang baik akan mereduksi secara signifikan angka putus sekolah.

“Program fokus adalah pembenahan, pemenuhan dan penyelesaian kebutuhan atas fasilitias dan sarana-prasarana dasar pendidikan,” jelas Wabup.

Sedangkan terkait siswa-siswi yang melanjutkan pada tingkat SMA/SMK di Kota Kaimana, pemerintah daerah berencana melakukan vitalisasi ulang terhadap asrama pada SMK Negeri I Kaimana agar menjadi asrama penampung bagi seluruh siswa-siswi dari kampung-kampung yang melanjutkan studi pada tingkat SMA/SMK. Selain itu, pemerintah daerah juga mengoptimalkan pemanfaatan data Dapodik (Data Pokok Pendidikan) sebagai basis data pendidikan di Kaimana. (ISA)

Tinggalkan Balasan