Danrem (kiri), Dandim (tengah) dan Kasiter Korem bersama kepala Kampung saat meninjau jalan masuk menuju Kampung Duwin Warmare, Manokwari, Rabu (12/7).

Pemerintah diminta permudah karir TNI dari Papua

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepala Suku Myah di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Maidodga meminta pemerintah mempermudah karir anak-anak Papua yang sudah bergabung yang menjadi prajurit TNI.

Pada kunjungan ataf Dewan Pertahanan Nasional di Markas Kodim 1703/Manokwari, Kamis, Maidodga mengatakan, pihaknya bangga jika anak-anak Papua maju dan meniti karir sebagai Tentara Nasional Indonesia.

“Kami juga minta anak-anak kami yang mendaftar untuk mengikuti seleksi pendidikan TNI dipermudah. Biar mereka lulus dan menjadi orang hebat di TNI,” kata dia.

Ia ingin, anak-anak Papua tersebar di seluruh daerah baik sebagai anggota angkatan darat, laut maupun udara. Terkait pembinaan mental, intelektual maupun fisik ia menyerahkan sepenuhnya kepada satuan

“Kalau kita orang tua sudah menyerahkan kepada satuan. Silahkan dibina sampai anak-anak kami jadi,” katamya lagi.

Staf Dewan Pertahanan Nasional Brigjen TNI Ali Hamdan Bogra pada pertemuan tersebut mengatakan, perekrutan putra daerah sudah menjadi program TNI Angkatan Darat. Melalui program tersebut anak putra-putri daerah akan diprioritaskan dalam penerimaan anggota baru.

“Untuk itu tugas setiap Kodim, termasuk Kodim 1703/Manokwari, mencari anak asli Papua terbaik untuk bergabung menjadi tentara angkatan darat,” kata dia.

Pria asal Kaimana, Papua Barat ini pun mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemuda termasuk pemerintah daerah untuk mempersiapkan sejak dini.

“Kita punya anak-anak inikan sebagian punya kebiasaan buruk. Suka minum minuman keras, saat pemeriksaan bisa jadi jatuh karena ada organ dalam yang terjangkit penyakit,” sebutnya.

Selama ini banyak anak-anak Papua yang mengikuti tes, namun banyak yang gugur. Setelah ditelusuri ternyata yang bersangkutan tersandung masalah kesehatan.

Ia berharap seluruh pihak mencegah anak-anak Papua untuk miras. Sehingga mereka sehat dan dapat meniti karir dimana pun. (ibn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: