Logo BUMDes

Pemerintah Manokwari Ajak Kampung Siapkan Pembentukan BUMDes

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Setiap kampung di Kabupaten Manokwari, ke depan diharapkan bisa memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di kampung.

Melalui sistim pengelolaan yang baik, BUMDes dipercaya mampu memperkuat perekonomian di kampung sehingga pada akhirnya bisa berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat di kampung.

“Dengan adanya BUMDes diharapkan masyarakat dapat mengembangkan ekonomi di kampung untuk menuju kampung mandiri, “ demikian pesan Bupati Bastian Salabai dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Tata Praja Cassy Jamlean pada pembukaan Bimbingan Teknis pengelolaan BUMDes, Selasa (27/10) di hotel Holiday Park Manokwari.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), diikuti para kepala kampung serta kepala distrik se Kabupaten Manokwari hingga 29 Oktober mendatang dengan narasumber para pakar di bidangnya.

Melalui Bimtek itu, diharapkan para kepala kampung bisa memiliki pengetahuan serta keterampilan mulai dari mempersiapkan, membentuk hingga mengelola BUMDes sesuai potensi yang dimiliki masing-masing kampung.

“Modal usaha BUMDes ini berasal dari masyarakat sendiri dan dikelola secara mandiri. Jadi tanpa meminta modal dari pemerintah lagi. Desa bergerak sendiri untuk membangun dirinya, “ tambah Jamlean.

Kepala BPM Robert Rumbekwan mengatakan, pembentukan BUMDes merupakan terobosan untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat di kampung.
“Kita orang Papua juga harus belajar berwirausaha supaya kitorang bisa maju dan hidup lebih baik, “ ucap Rumbekwan. |ZACK TONU BALA