konsultanpendidikan.co beasiswa

Pemerintah Papua Barat Siapkan 11 Miliar untuk Beasiswa

MANOKWARI, cahayapapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menyediakan anggaran sebesar Rp 11 miliar untuk kebutuhan beasiswa.
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah BPKAD Papua Barat Abia Ullu mengatakan, dana Rp 11 miliar itu termasuk untuk membayar beasiswa mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Australia yang terancam dideportasi.
Dana itu menurut Abia diambil dari dana APBD Perubahan pemprov tahun 2015 yang saat ini belum diajukan ke DPR Papua Barat. Proses pencairan dana ini akan mendahului penetapan APBD Perubahan.
“Terkait dana beasiswa pencairannya kita mendahului APBDP, daripada susah anak anak kita dideportasi akhirnya kita proses pencairan mendahului anggaran perubahan,” kata Abia Selasa (11/8/2015).
Abia menjelaskan beasiswa ke Australia mengalami devisit yang diakibatkan naiknya kurs dollar yang mencapai Rp 13.520 ribu. Sehingga ini berdampak pada nilai rupiah.
Dengan penambahan Rp 11 miliar ini maka dimungkinkan akan ada perubahan struktur anggaran karena penambahan anggaran pada APBD P Papua Barat tahun 2015.
Sebelumnya, Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi berang denga Dinas Pendidikan Papua Barat, karena adanya ancaman defortasi mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di Australia. Akibat adanya kejadian ini gubernur mengancam akan mencopot kepala dinas pendidikan. Sekertaris, kepala bidang hingga kepala seksi.
|DINA RIANTI|EDITOR : BUSTAM