Asisten I Papua Barat Musa Kamudi

Pemerintah: Perpanjangan Masa Tugas Anggota MRPB Perlu Dilakukan

MANOKWARI, Cahayapapua.com—–  Pemerintah Provinsi Papua Barat menyebut, rencana perpanjangan masa jabatan anggota Majelis Rakyat Papua Barat untuk kedua kalinya, penting dilakukan untuk memuluskan pelaksanaan Pilgub Papua Barat yang sudah didepan mata.

Asisten I  Pemerintah Papua Barat Musa Kamudi mengklaim, pemerintah Papua Barat telah berupaya agar rancangan Perdasus pemilihan anggota MRPB periode baru dituntaskan, namun hingga saat ini Raperdasus tersebut belum beres.

Ia mengatakan draf perdasus tersebut telah dilayangkan ke Kemendagri dan baru-baru ini dinyatakan telah dikoreksi dan dikembalikan ke Papua Barat.

Kemendagri menurut Musa bahkan menghendaki agar hasil koreksi tersebut segera ditindaklanjuti untuk menjadi dasar seleksi anggota MRPB baru.

Namun Musa mengatakan, “sekarang yang menjadi persoalan adalah waktu semakin dekat. Tidak mungkin tahapan pemilu dihentikan karena belum ada rekomendasi dan persetujuan terhadap orang asli Papua.”

Musa menegaskan bahwa mau tidak mau suka tidak suka, perpanjangan harus dilakukan perpanjangan harus coba dilakukan karena pemerintah sudah punya pengalaman dari perpanjangan pertama.

“Ini banyak orang punya kepentingan sehingga kita mengakomodir itu agak susah. Harusnya masa perpanjangan pertama menjadi pelajaran bagi kita agar melihat kekurangan selama ini,” katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Papua Barat akan mengajukan pertimbangan ke Kemendagri untuk memperpanjang masa tugas anggota MRPB agar proses Pilgub tidak bermasalah dikemudian hari.

“Kita berharap sebelum berakhir masa perpanjangan pertama 13 Oktober mendatang, persoalan sudah selesai (perpanjangan kedua sudah beres),” ujarnya.

Musa menambahkan dalam pertemuan dengan dirjen Kemendagri yang dihadiri pihak legislatif, eksekutif dan MRPB belum lama ini disepakati bahwa perpanjangan perlu dilakukan.

“Suratnya sudah dibuat, tergantung dari DPRPB, sebab terpaksa kita buat surat permohonan untuk perpanjangan yang kedua kali,” ujarnya. (MAR)

Tinggalkan Balasan