Pelaksana Tugas Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Diah Indrajati

Pemerintah Sepakati 3.353 Proyek Nasional di Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian dan lembaga menyepakati sebanyak 3.353 proyek nasional yang akan dilaksanakan di wilayah provinsi Papua Barat.

Pelaksana Tugas Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Diah Indrajati pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Papua Barat yang dilaksanakan di Manokwari, Kamis (23/3) mengatakan, proyek tersebut diluncurkan untuk mendukung program percepatan pembangunan di daerah.

“Total usulan proyek kementerian dan lembaga untuk mendukung prioritas nasional di Papua Barat sebanyak 8.925 proyek. Yang sudah dibahas dan disepakati sebanyak 3.353 proyek,” kata Diah.

Dia mengutarakan, dari ribuan proyek tersebut, beberapa diantaranya berupa pembangunan rumah sakit Pratama di Kabupaten Manokwari Selatan, dukungan untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong yang meliputi pengembangan  pelabuhan Sorong, Bandara Domine Eduard Osok (DEO), Pelabuhan Arar, Peningkatan Struktur Jalan Lingkar Aimas–Seget, Pelebaran Jalan Sorong–Aimas.

Pada kesempatan itu, ia juga membeberkan tentang usulan proyek daerah yang mendukung prioritas nasional. Total proyek yang diusulkan sebanyak 1.982 proyek. 968 diantaranya telah dibahas dan disepakati.

“Untuk total proyek prioritas daerah sebanyak 72.016 proyek, yang sudah dibahas dan disepakati sebanyak 602 proyek,” sebutnya lagi.

Diah berharap, penyusunan rancangan awal RKPD Papua Baray tahun 2018 mengacu pada arah kebijakan dan sasaran pokok Rancangan Program jangka panjang daerah (RPJPD).

Dengan demikian, kata dia, terjadi keselarasan antara kegiatan pembangunan yang dilaksanakan daerah dan program nasional.

Ia juga berharap penyusunan RKPD tersebut memperhatikan visi misi serta rencana program kepala daerah terpilih.

“Hasil dari Musrenbang ini akan menjadi bahan untuk menyempurnakan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD,” sebutnya lagi. (IBN)

Tinggalkan Balasan