pilkada-serentak-2015.

Pemerintah Tetapkan 9 Desember sebagai Hari Libur Nasional

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Pemerintah telah menetapkan tanggal 9 Desember 2015, sebagai hari libur nasional. Karena tanggal tersebut merupakan tanggal pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di Seluruh Indonesia.

Ditetapkannya tanggal 9 Desember sebagai hari libur, agar memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga Negara Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya.

Penetapan hari libur nasional telah dituangkan dalam surat keputusan Presiden Repbulik Indonesia Nomor 25 tahun 2015 yang diterbiutkan pada 23 November lalu.

Dimana surat yang berisikan tentang hari pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenrnur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2015 ditetapkan sebagai hari libur nasional.

“Ini merupakan instruksi dari pusat, sehingga di daerah juga harus mengikuti, apalagi ini sudah dituangkan dalam SK Presisen yang dikeluarkan beberapa hari lalu,” kata Komisioner KPU Manokwari Abdul Muin Salewe kepada wartawan, siang kemarin.

Menurutnya surat tersebut akan diberlakukan di semua daerah baik yang melaksanakan Pilkada maupun yang tidak melaksanakan Pilkada. “Karena ini sifatnya libur nasional jadi pasti semua daerah libur,” pungkasnya. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM