Yan Maurids Ayomi

Pemilih di Pegaf Diprediksi Meningkat

ULLONG, Cahayapapua.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Arfak dalam waktu dekat akan melaksanakan pemutahiran data pemilih pada Pilgub Papua Barat. Hal ini dilakukan agar warga yang memiliki hak untuk memilih bisa menyalurkan hak politiknya pada pesta demokrasi itu.

Ketua KPU Pegaf, Yan Maurids Ayomi menjelaskan pihaknya saat ini baru mengantongi data pemilih berdasarkan data pada Pilkada Kabupaten yang lalu.

Pemutahiran dilakukan selain karena perintah undang-undang juga karena diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemilih pada Pilgub nanti. Peningkatan itu terjadi sebagai konsekuensi pertumbuhan penduduk.

“Data Pilkada 2015 ini masih mengunakan data dari KPU Kabupaten Induk (Manokwari,red). Ada juga data pemilih pada Pilpres lalu. Jadi akan kita mutahirkan lagi supaya tahun ini Pegaf punya data sendiri yang lebih akurat,” katanya.

Menempuh proses pemutahiran, pada 16 Maret lalu KPUD menggelar rapat koordinasi dengan dengan sepuluh kepala distrik se-Pegaf. Dalam forum itu KPUD menyampaikan format pemutahiran. Kata mantan Ketua KPU Manokwari ini, pemutahiran melibatkan pemerintah distrik.

“Setelah mereka lakukan pendataan, hasilnya diserahkan ke KPU untuk divalidasi sebelum ditetapkan,” jelasnya.(YUS)

Tinggalkan Balasan