Pemandangan di lokasi bekas Pasar Soyar yang sudah mulai bersih dari puing-puing bekas kebakaran, Selasa, 21 November 2017.

Pemkab akan ubah lahan eks Pasar Soyar jadi area publik

WASIOR, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama rencananya akan mengubah peruntukkan lahan Pasar Soyar Wasior yang terbakar Sabtu  lalu menjadi area publik yang tertata dengan baik.

“Pak Wakil Bupati (Paulus Indubri)  ingin di bangun bangunan yang lebih baik supaya bisa menampilkan wajah kota yang lebih indah,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Frans O. Torey di lokasi Pasar Soyar, Selasa (21/11).

Demi memastikan itu, mulai Selasa kemarin lahan Pasar Soyar yang terbakar diberi pagar keliling. Pembangunan pagar keliling dilakukan oleh personil gabungan dari Satpol PP bersama anggota TNI dari Koramil Wasior serta Polres Teluk Wondama.

Selain mencegah pembangunan kembali kios/lapak oleh para pedagang, pemagaran dilakukan supaya para pedagang dan masyarakat tidak terus-terusan mempersoalkan peristiwa kebakaran yang menghanguskan seluruh kios dan lapak milik pedagang.

“Kita tutup supaya jangan ada kesan tidak ada perhatian dari Pemda. Sebab sekarang ada indikasi kebakaran ini disengaja, itu yang berkembang di masyarakat. Jadi sebaiknya dipagar supaya tidak ada memunculkan prasangka buruk,” kata mantan Kasat Binmas Polres Teluk Wondama ini.

Petugas Satpol PP sedang membangun pagar keliling untuk menutup lahan Pasar Soyar yang terbakar Sabtu lalu.

Pemagaran yang mulai dilakukan kemarin menutup harapan para pedagang berkeinginan agar bisa berjualan kembali di tempat semula. Mereka enggan pindah ke pasar baru di Iriati dengan alasan sepi pembeli.

Kendati begitu, para pedagang menyatakan siap jika pada akhirnya mereka diharuskan pindah ke Pasar Iriati.

Sementara terkait penyebab kebakaran, hingga hari ke-4 belum bisa dipastikan dari mana sumber api. Kapolres Teluk Wondama AKBP Frit Sokoy yang ditemui Senin lalu menyatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Dugaan sementara dari kompor tapi itu masih dugaan awal, kita masih lakukan penyelidikan,” kata Frits. (brv)

Leave a Reply

%d bloggers like this: