Kepala Bappeda Kabupaten Teluk Bintuni, Alimudin Baedu.

Pemkab Bintuni Akan Siapkan Tenaga Kerja untuk Tiga Perusahaan

BINTUNI, Cahayapapua.com—- Tahun 2017 direncankan pembangunan Tangguh Ekspansi, Genting Oil, dan pabrik pupuk urea di kawasan industri akan dimulai.

Proyek tersebut diperkirakan akan menyedot tenaga kerja kurang lebih dari 15.000 orang.

Melihat peluang besar ini Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw berpesan kepada seluruh instansi terkait agar segera menyusun beberapa strategi, salah satunya menyiapkan tenaga kerja yang berkopenten dalam bidangnya.

Pasalnya kesempatan ini sangat baik, karena jika Pemkab mampu menyuplai tenaga kerja lokal ke tiga perusahaan tersebut, maka dipastikan dapat menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan.

“Bupati menyampaikan ini menjadi sebuah rahmat, menjadi sebuah harapan bagi kita semua, tetapi menjadi sebuah tantangan bagi kita. Karena banyak persoalan pembangunan yang harus diselesaikan. Terutama menurunkan angka kemiskinan di kabupaten ini,” kata Kepala Bappeda Alimudin Baedu, di ruang kerjanya, pekan kemarin.

Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang mempunyai ketrampilan, Pemkab saat ini sedang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, salah satunya Sampurna Akademi School.

Selain itu, BLK (Balai Latihan Kerja) juga akan dibuka di kabupaten ini untuk menyiakan tenaga kerja. Sehingga nantinya pada saat investasi dimulai Pemkab mampu menyuplai tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi-kualifikasi yang dibutuhkan. Misalnya seperti tukang las, tukang batu, dan tega teknis lainnya.

“Bupati berharap kita harus memiliki strategis bersama dalam mempersiapkan tenaga kerja, sehingga nanti tenaga kerja yang diserap disana bukan saja kualifikasi klining service dan security. Tetapi bisa masuki ruang kerja dengan kualifikasi tertentu,” kata Alimudin.

Diperkirakan Tangguh Ekspansi akan menyedot tenaga kerja hingga 7000 orang, dan Genting Oil dalam membangun sarana dan prasarana penunjang eksploitasi gas akan membutuhkan tenaga kerja 3-5 ribu orang. Sementara rencana pembangunan pabrik pupuk urea di kawasan industri juga akan menyedot tenga kerja yang diperkirakan ribuan orang. (ART)

Tinggalkan Balasan