Dermaga Eman,Sir Kampung Lobo, Kabupaten Kaimana, Papua Barat. | CAHAYAPAPUA.com | Isabela Wisang

Pemkab Kaimana Segera Bangun 5 Dermaga Permanen

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com– Setelah Dermaga Eman, Kampung Lobo – Distrik Kaimana yang telah diresmikan pengoperasiannya pada 18 Desember 2014 lalu, masih ada lima dermaga permanen lagi yang akan dibangun Pemerintah Daerah yang ditargetkan akan selesai pada 2020 mendatang.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Daerah melalui Kantor Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Hubkominfo) akan melakukan pemancangan tiang dermaga di Kampung Bayeda dan kampung lainnya yang telah ditetapkan sebagai titik pertumbuhan.

Demikian Kepala Kantor Hubkominfo Kaimana Drs. Moh. Nasir Aituarauw, M.Si menyampaikan hal ini saat dikonfirmasi terkait program pembangunan dermaga permanen tahap selanjutnya guna mendukung kebijakan growing point (titik pertumbuhan) yang telah ditetapkan Pemkab Kaimana melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2011-2015.

Nasir Aituarauw mengatakan, Pemerintah Daerah melalui RPJMD telah menetapkan sedikitnya enam titik sebagai pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di setiap titik pertumbuhan, akan dibangun dermaga permanen dan infra struktur dasar lainnya yang dibutuhkan untuk membantu melancarkan aktivitas masyarakat membawa hasil kebun ke pasaran dalam kota.

Kebijakan ini juga berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satunya titik pertumbuhan dimaksud adalah Kampung Lobo – Distrik Kaimana, dimana dermaga permanen telah dibangun dan diresmikan, serta ruas jalan penghubung antar kampung sedang dibangun.

Dikatakan, selain Lobo, masih ada lima dermaga lagi yang akan dibangun pada lima titik pertumbuhan yakni Kampung Bayeda untuk wilayah Distrik Teluk Arguni, Kampung Warifi untuk wilayah Distrik Etna dan Yamor, Kampung Tairi untuk wilayah Distrik Buruway, Kampung Mandiwa lokasi Logpon untuk wilayah Distrik Arguni Bawah. Selain itu, akan dibangun juga di Kampung Adi Jaya Distrik Buruway. Pembangunan dermaga permanen akan menggunakan dana APBD Kaimana dan didukung APBD Provinsi Papua Barat.

“Desember lalu kita resmikan dermaga di Kampung Lobo karena Kampung Lobo adalah salah satu titik pertumbuhan untuk daerah Lobo dan sekitarnya. Ini sudah sesuai RPJMD Kabupaten Kaimana. Berikut dermaga yang sama akan dibangun juga di beberapa titik seperti Bayeda, Warifi, Tairi. Untuk tahun 2015 ini, dari alokasi APBD Provinsi sudah menyiapkan dana untuk pembangunan dermaga di Kampung Adi Jaya. Setelah dari Adi Jaya, akan dibangun di Warifi dan beberapa lainnya, sesuai dengan rencana Pemerintah Kabupaten Kaimana. Saya targetkan program pembangunan dermaga ini nanti selesainya tahun 2020. Itu Insya Allah sudah rampung semua,” tukas Aituarauw.

Ditambahkan, untuk mendukung kebijakan growing point  Kantor Perhubungan lebih  fokus pada penyediaan infrastruktur dasar, seperti dermaga. Ia berharap, pembangunan dermaga dapat diikuti dengan kegiatan lainnya, yang bertujuan mendukung titik pertumbuhan.

“Fokus kami adalah membangun infrastruktur dermaga. Kami berharap SKPD lain bisa mendukung kebijakan ini dengan programnya sendiri, sehingga bisa sama-sama mensukseskan RPJMD,” ujar Aituarauw lagi. |ISABELA WISANG

Tinggalkan Balasan