Pejabat Pemkab Wondama mengikuti sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi di Gedung Sasana Karya Kantor Bupati Teluk Wondama.

WASIOR, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama berkomitmen mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, berwibawa dan bebas korupsi. Bupati Bernadus A. Imburi mengatakan saat ini sedang disusun rencana aksi pencegahan korupsi secara terintegrasi di lingkupan Pemkab Wondama.

Yakni dengan membangun dan menerapkan sistim perencanaan, penganggaran pengadaan barang dan jasa dan pengawasan yang terintegrasi dengan menggunakan aplikasi e-planing, e-budgeting, e-procurement dan e-controling.

Melaksanakan pelayanan perijinan terpadu satu pintu yang efektif, efisien transparan, akuntabel dan bebas dari pungutan liar. Kepatuhan dalam penyampaian laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) dan pengendalian gratifikasi.

Serta memperkuat peran Inspektorat sebagai aparat pengawasan internal Pemda dalam menerapkan sistim pengendalian intern.

“Sehingga pada organisasi perangkat daerah dan unit kerja akan tumbuh dan berkembang zona anti korupsi dan anti gratifikasi, “ kata Bupati Bernadus A. Imburi.

Bupati menyampaikan hal tersebut sewaktu membuka kegiatan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, Senin di gedung Sasana Karya Kantor Bupati di Isei, Wasior.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta terdiri atas pimpinan OPD dan sekretaris, Kepala Bidang dan Kassubag serta para bendahara dengan menghadirkan narasumber pejabat Polda Papua Barat dan Kejaksaan Negeri Manokwari.

Diharapkan pula sosialisasi itu bisa meningkatkan pemahaman pejabat dan ASN Pemda setempat tentang bahaya korupsi serta langkah-langkah pencegahan tindak pidana korupsi.

“Sehingga potensi pejabat maupun ASN yang melakukan tindak pidana korupsi menjadi berkurang, “ tambah Sekda Denny Simbar yang menjadi ketua panitia. (brv)

 

Leave a Reply