Pelabuhan Rakyat Sorong

Pemkot Sorong Tolak Serahkan Pengelolaan Pelabuhan Rakyat ke ASDP

SORONG, Cahayapapua.com— Pemerintah Kota Sorong menolak menyerahkan seluruh aset Pelabuhan Rakyat Kota Sorong kepada BUMN Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Sorong.

Pjs. Kepala Dinas Perhubungan Kota Sorong Kenan Umar mengatakan, pihaknya belum mau menyerahkan aset tersebut karena belum mengetahui secara pasti kemampuan ASDP dalam mengelola pelabuhan-pelabuhan lain.

“Kami sudah lakukan pertemuan dengan ASDP, tapi mereka belum memaparkan berapa aset pengelolaan pelabuhan di Indonesia yang dianggap berhasil dikelola.

Kami tidak mau serahkan karena berbagai alasan, mengingat ASDP tidak punya gambaran keberhasilan dalam mengelola pelabuhan lain selama ini,“ kata Kenan baru-baru ini.

Pihak perhubungan menurut Kenan sebenarnya telah memiliki rencana untuk memperbaiki pengelolaan pelabuhan rakyat Sorong yang notabene kedepan akan dijadikan sebagai pelabuhan pariwisata.

Perbaikan tersebut seperti berlaku disemua lini termasuk perpanjangan dermaga. “Perpanjangan dikhususkan untuk pelayanan penyeberangan kapal ferry antar pulau,” kata dia.

Sebelumnya General Manager PT. ASDP Sorong, Iwan Hermawan mengutarakan jika  penyerahan seluruh aset pelabuhan rakyat dapat  merangsang pihak ASDP untuk menyiapkan lima armada Ferri untuk melayani rute Papua Barat dan Sorong Raya.

Ia mengaku dalam pertemuan itu pihak Pemerintah Kota Sorong telah menyepakati poin-poin penting tentang pengelolan pelabuhan rakyat yang bakal dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOU). |JOSEP TITIR

Tinggalkan Balasan