Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana

Pemprov Harap Program Nasional BKKBN Tingkatkan Kesejahteraan OAP

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comProgram nasional keluarga berencana dan pembangunan keluarga tahun 2015 yang dilaksanakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), diharapkan dapat meningkatakan kesejahteraan masyarakat asli Papua di Papua Barat.

Hal ini disampaikan Asisten III Bidang Adminisrasi Provinsi Papua Barat, Fransiskus Kosamah, Kamis (3/9/2015). Ia juga berharap kedatangan Kepala BKKBN RI, Surya Chandra Surapaty di Manokwari kemarin, bisa merealisasikan visi dan misi program BKKBN di Papua Barat.

“Visi dan misi program BKKBN ini diharapkan bisa sesuai dengan program-program nasional maupun program Gubernur,” kata Kosamah.

Terkait program Nasional BKKBN di daerah yang belum bisa diterima secara baik oleh sebagian besar Orang Asli Papua (OAP), Kosamah menyarankan BKKBN dapat menjabarkan dan mensosialisasikan program nasional ini kepada masyarakat khususnya orang asli Papua.

Sebab, tujuan utama dari BKKBN adalah mensejahterakan keluarga, meningkatakan kualitas keluarga dan anak, bukan membatasi kelahiran anak dilingkungan keluarga.

“Jika jumlah anak didalam keluarga lebih dari dua tetapi semua berkualitas, maka tentu itu sangat baik untuk kelaurga. Namun jika, tidak berkualitas maka akan berpengaruh pada kesejahteraan keluarga itu sendiri,”ujarnya.

Dikatakannya, kualitas keluarga ini akan sangat mempengaruhi pada kualitas daerah, dan bangsa. Untuk itu, ia berpesan kepada petugas BKKBN perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat secara baik dan benar. Karena para petugas inilah yang mengetahui persis tugas dan fungsi dari BKKBN. | DINA RIANTI | EDITOR : TOYIBAN