Ilustrasi. | Solusi Properti

Pemprov Papua Barat Alokasikan 5 Miliar untuk Rumah Rakyat

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Dinas Perumahan Provinsi Papua Barat pada tahun 2015 akan mengalokasikan dana sebanyak Rp 5 miliar untuk pembangunan rumah dan perbaikan pengerjaan rumah yang belum terselesaikan di beberapa kabupaten di Provinsi Papua Barat.

“Berdasarkan program yang kita susun ada Rp 12 miliar yang diberikan kepada Dinas Perumahan ditahun anggaran 2015. Sementara untuk pembangunan rumah, kita alokasikan sebanyak Rp 5 miliar,” kata Pelaksana Tugas Dinas Perumahan Provinsi Papua Barat, Hendry Wailan Kolondam, Selasa (13/1/2-015).

Hendry menerangkan, fokus utama dalam pembangunan rumah warga di tahun 2015 akan dipusatkan pada dampak pembangunan Bandara Deo Osok Kota Sorong. Selain itu akan merampungkan pembangunan yang sebelumnya dibangun, tetapi tidak sepenuhnya diselesaikan.

“Kalau berbicara untuk rumah maka kita fokuskan pada dampak pembangunan Bandara Deo Sorong. Itukan ada masyarakat-masyarakat yang tergusur dan penyelesaian bangunan di Rutum Raja Ampat yang belum diselesaikan,” jelasnya.

Ditanya soal jumlah rumah yang akan dibangun di tahun 2015, Hendry mengatakan, jumlah rumah masih harus dilihat dari perkembangan kenaikan BBM. Karena satuan harga di tiap satuan berbeda-beda.

“Kalau untuk tipe kita sudah sepakat untuk tipe 45, cuma pada saat itu belum terjadi kenaikan BBM, besok ini sudah cerita lain BBM sudah naik jadi tidak mungkin kita dapat harga rumah segitu dengan harga BBM yang telah naik,” jelasnya.

Ditahun 2014, Dinas Perumahan Provinsi Papua Barat telah membangun 29 unit rumah bertipe 45, yang tersebar di 4 kabupaten berbeda yakni Raja Ampat, Sorong Selatan, Maybrat dan Manokwari. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan