Kadis Pendidkan Papua Barat (Papuakini.com)

Pemprov Papua Barat Ambilalih Ribuan Guru SMA/SMK

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat mengambilalih 3.131 guru SMA/SMK yang sebelumnya menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat Bernanda Henan di Manokwari, Selasa, mengatakan, menyusul pemberlakukan undang-undang 23/2014 Pendidikan SMA dan SMK menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi yang semula berada di kabupaten/kota.

Dia menyebutkan, pengalihan tanggungjawab terkait hak seperti gaji pegawai untuk guru yang sudah berstatus pegawai negeri sudah tuntas.

“Yang perlu mendapat perhatian sekarang adalah guru-guru honorer,” katanya mengungkapkan.

Saat ini, kata dia, cukup banyak guru honorer yang tersebar seluruh sekolah SMA dan SMK Papua Barat. Mereka diangkat oleh pemerintah kabupaten /kota.

Bernanda, belum memperoleh data pasti terkait jumlah mereka. Menurutnya jumlah mereka cukup banyak dan tersebar di sekolah SMA dan SMK di 13 Kabupaten kota Papua Barat.

“Dan saat ini pemerintah kabupaten kota sudah lepas tangan. Siapa mau gaji mereka, tidak mungkin jika sekolah yang menanggung karena mereka diangkat pemerintah daerah dan disisi lain anggaran sekolah terbatas,” ujarnya lagi.

Pemerintah provinsi pun, lanjutnya, tidak menyiapkan anggaran bagi mereka, sebab, pengangkatan dilakukan oleh pemerintah daerah tingkat dua.

“Kalau kami yang mengangkat, tentu kami melakukan langkah antisipasi. Ini Kabupaten kota yang angkat,” pungkasnya. (IBN)

Tinggalkan Balasan