Logo Pemuda Katolik RI

Pemuda Katolik Indonesia Papua Barat Akan Gelar Rapim

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Ketua Pemuda Katolik Republik Indonesia Wilayah Papua Barat Thommas Jeferzzon Baru menegaskan, program utama dari pemuda Katolik di Papua Barat pada tahun 2016 ini adalah menggelar rapat kerja daerah yang akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pemuda Katolik Republik Indonesia yakni Karoline Margaret Matasa.

“Jadi nanti akan ada rapat kerja daerah serta rapat kerja pimpinan daerah Pemuda Katolik Republik Indonesia di Papua Barat, dimana semua unsur pimpinan Pemuda Katolik cabang kabupaten se Papua Barat akan hadir,” ujarnya kepada wartawan siang kemarin saat menggelar jumpa pers.

Thomas melanjutkan, dalam agenda rapat pimpinan tersebut, sejumlah persoalan yang terjadi di Tanah Papua, khususnya di Papua Barat akan dibahas bersama, dimana agenda utamanya adalah melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat kalangan bawah yang minim diperhatikan oleh pemerintah.

“Termasuk hal-hal yang sangat menonjol seperti kemiskinan, narkoba, penyakit hiv/adis, serta kesejahteraan masyarakat yang tidak diperhatikan,” ujarnya.

Nantinya semua pembahasan yang dilakukan akan melahirkan satu rekomendasi yang akan diserahkan kepada pemerintah Provinsi Papua Barat, DPR Papua Barat serta MRP untuk diperhatikan.

Selain melaksanakan rapat kerja daerah serta rapat kerja pimpinan, agenda lainnya juga adalah menindaklanjuti hasil pertemuan yang dilakukan para pastor-pastor Projo di Jayapura, dimana dalam pertemuan tersebut menghasilkan suatu rekomendasi yang mengatur masuknya jumlah penduduk di Tanah Papua.

Menurutnya, hal tersebut penting diangkat mengingat jika hal tersebut tidak diatur maka beberapa tahun kedepan Orang Asli Papua (OAP) akan semakin tersisihkan dari tanahnya sendiri. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM