Malam gebyar pemuda 2014. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Penari dan Band Lokal Meriahkan Penutupan Bulan Bakti Pemuda 2014

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Penutupan acara bulan bakti pemuda yang dirangkai dengan malam gebyar pemuda Papua Baratdi halaman pujasera dermaga angkatan laut, Wosi, Manokwari, Kamis malam (11/12/2014), berlangsung meriah.

Penari dan band lokal Manokwari dihadirkan untuk memeriahkan acara yang dihadiri oleh ratusan pemuda mahasiswa dan pelajar yang diorganisir oleh KNPI Papua Barat dan Biro Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Papua Barat ini.

Bulan bakti pemuda digelar melalui sejumlah kegiatan seperti jalan sehat, yang diikuti 1200 peserta, aksi menanam 1500 bibit pohon di tiga lokasi di Manokwari, aksi bersih lingkungan di 13 titik yang melibatkan 800 orang, dialog pemuda bersama Papua Barat TV melalui talkshow off air mengusung tema pemuda Papua menghadapi MEA 2015.

Juga renovasi 12 rumah masyarakat dan 12 rumah ibadah (6 unit gereja, 4 unit masjid 1 vihara dan 1 pura), sudah 85 persen. Sunatan massal di SMP Yapis Reremi, operasi katarak dengan 328 peserta di Manokwari, 128 di Mansel dan Pegaf, juga operasi penyakit lainnya 26 orang. Bulan Bakti Pemuda juga menggelar pembuatan kolam ikan di distrik Manokwari Utara.

Ketua panitia kegiatan Bulan Bakti Pemuda 2014 Sanusi Rahaningmas mengatakan, kegiatan ini dibiayai oleh Biro Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial dan DPD KNPI Papua Barat. Menurutnya total dana yang sudah terserap sebesar Rp. 700 juta.

Staf ahli gubernur Papua Barat Bidang Pemerintahan Jaconias Sawaki mengatakan pemuda Papua Barat harus tampil sebagai fasilitator, mediator dan motivator pembangunan di Papua Barat. Ia mengingatkan agar pemuda terus terlibat dalam aktivitas sosial di masyarakat.

“Pemuda Papua Barat harus mampu berpartisipasi, berkarya bagi pembangunan Papua Barat,” pesannya.

Selain dihadiri utusan gubernur, kegiatan ini juga dihadiri Sekwan DPRD Manokwari Aljabar Makatita. Ketua KNPI Papua Barat Hermus Indou juga terlihat di barisan depan.| DINA RIANTI

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan