Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah oleh Hanura Dinilai Sudah Tepat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com —-  Dewan Pimpinan Daerah Partai Hati Nurani Rakyat Papua Barat menyatakan pendaftaran bakal calon kepala daerah yang dibuka pengurus Hanura tingkat kabupaten merupakan langkah konstitusional karena sudah diketahui DPP Hanura.

“Keputusan dan persetujuan itu sudah diputuskan sesuai hasil rapat DPD. Sudah ada SK pendaftaran. Pendatftaran ini legal karena mengikuti petunjuk lama,” kata Ketua DPD Hanura Papua Barat Yakoob Musa’ad, di Manokwari akhir pekan lalu.

Pernyataan Yakoob Musa’ad ini menepis pernyataan sebelumnya yang disampaikan fungsionaris DPD Hanura Murdani Eka Putra, yang mengatakan pendaftaran belum bisa dilakukan karena belum ada petunjuk organisasi pasca Musyawarah Nasional di Solo.

Menurut Yakoob Musa’ad, pendaftaran dilakukan lebih awal karena tahapan KPU sudah semakin dekat. Ia menyatakan langkah ini tidak bertentangan dengan aturan organisasi partai Hanura.

“Ketika belum ada PO yang baru, maka menggunakan yang lama, karena tahapan KPU tidak menunggu PO. Jadi, saudara Dani tidak perlu lagi mempersoalkannya,” ujarnya seraya mengatakan yang bersangkutan kurang mengikuti perkembangan di DPD sehingga kesalahpahaman ini akan diselesaikan internal partai.

Ketua DPC Hanura Kabupaten Manokwari, Jammes Batkunde mengatakan pendaftaran penerimaan pasangan bakal calon bupati-wakil bupati di tingkat DPC berpegang pada Peraturan Organisasi (PO) nomor 3 Tahun 2009 yang diputuskan melalui Rapimnas di Surabaya.

“Pernyataan saudara Dani itu ngawur dan tidak berdasar sehingga tidak bisa mengatasnamakan partai. Sebelum membuka pendaftaran, kami sudah konsultasi dengan DPD. Jadi, ketua DPD sedang menunggu PO baru di Jakarta,” katanya.

Yakoob Musa’ad menambahkan dukungan politik partai akan diberikan kepada bakal calon yang mempunyai misi yang jelas seperti yang diperjuangkan oleh partai Hanura.

”Warga masyarakat punya hati nurani. Jadi, kami melihat dengan hati nurani itu, sehingga calon pemimpin yang akan didukung harus punya komitmen yang jelas,” imbuhnya. |RASYID