Ilustrasi Peningkatan Investasi

PENDAPATAN MANOKWARI DIPROYEKSI BERTAMBAH 35 MILIAR

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Manokwari mengestimasikan terjadi kenaikan Pendapatan Daerah tahun 2015 sebesar 35 miliar lebih. Dengan demikian nilai Pendapatan dari semula sebesar Rp 1,32 triliun lebih pada APBD induk berubah menjadi Rp 1,67 triliun atau naik sebesar 3,45 persen.

Demikian dikemukakan Bupati Bastian Salabai dalam pidato pengantar Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan tahun 2015 dalam rapat paripurna DPRD, Jumat (9/10) di gedung DPRD di Sowi Gunung.

Kenaikan juga terjadi pada pos Belanja Daerah. Belanja Tidak Langsung, dari semula Rp 493 miliar lebih, berubah menjadi Rp 617 miliar atau bertambah sebesar 23 miliar.

“Kenaikan yang cukup besar ini terutama untuk membiayai pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Manokwari, “ ucap Bupati.

Sementara Belanja Langsung, dari semula direncanakan Rp 473 miliar lebih, berubah menjadi 485 miliar lebih atau naik 11 miliar lebih.

Meski bertambah, namun sejatinya nilai Pendapatan dalam APBD-P 2015 mengalami penurunan dari yang direncanakan. Penurunan itu terjadi karena kebijakan pemerintah pusat yang menurunkan Dana Bagi Hasil (DBH) ke daerah.

Dinas PPKAD dalam siaran pers yang diterima media ini Jumat siang, menyatakan, penurunan Pendapatan berdampak pada belanja SKPD dalam APBD-P 2015.

Untuk itu, Tim Anggaran Pemda akan merevisi dan merasionalkan kembali belanja SKPD selain yang bersumber dari dana alokasi khusus dan juga dana Otsus.

Selanjutnya SKPD diminta menentukan mana program dan kegiatan yang prioritas dan mana yang harus ditunda untuk diprogramkan pada tahun anggaran 2016.

Meski sesuai ketentuan penyerahan KUA-PPAS APBD-P 2015 sudah terlambat, DPRD tetap memberi apresiasi kepada eksekutif lantaran dibanding tahun 2014, pembahasan APBD-P tahun ini sudah jauh lebih awal. Pada tahun lalu, APBD-P baru dibahas pada awal Desember.

“Semoga ini memberi semangat untuk kita semua sehingga pada tahun-tahun berikut bisa lebih baik lagi, “ ujar Ketua DPRD Dedi S. May selaku pimpinan rapat paripurna.|ZACK TONU BALA