Koalisi Manokwari Bersatu Mendeklarasikan Pasangan Bastian Salabai-Yusak Kambuaya (BAYU), Sabtu pekan lalu. (Foto: Zack Tonu Bala/ Cahaya Papua)

Pendukung Petahana Deklarasikan Koalisi Manokwari Bersatu

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Koalisi Manokwari Bersatu yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sabtu (12/9) petang mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon bupati dan wakil bupati Bastian Salabai-Yusak Kambuaya (BAYU).

Koalisi Manokwari Bersatu menyatakan siap bekerja keras untuk membawa pasangan nomor urut 4 itu tampil sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Manokwari, 9 Desember nanti.

Selain pasangan BAYU, hadir dalam acara deklarasi itu Ketua DPC Partai Gerindra Vintje Mandacan, Ketua DPC Partai Demokrat Frangki Awom dan Ketua DPD PKS Manokwari Sumaryan beserta para fungsionaris masing-masing.

Sedikitnya 100 orang pendukung dan simpatisan pasangan BAYU juga ikut meramaikan acara yang yang dihelat di ball room hotel Aston Niu di Sowi Gunung.

Bastian Salabai dalam orasinya menyatakan pengalaman memimpin Manokwari selama 5 tahun pertama merupakan modal penting yang tidak dimiliki para pesaingnya. Pengalaman itu menjadi guru terbaik baginya untuk menata kabupaten tertua di tanah Papua ini menjadi lebih baik lagi pada periode kedua nanti.

“Saya bukan orang baru lagi. Saya tahu apa yang membuat rakyat menangis dan apa yang membuat rakyat tersenyum,” kata calon Bupati petahana ini dengan berapi-api.

Belajar dari pengalaman lima tahun pertama, Salabai menegaskan, pola pemerintahan yang bakal diterapkan pada lima tahun ke depan adalah pemerintahan yang berpihak kepada rakyat dan dekat dengan rakyat.

“Pemerintahan lima tahun ke depan adalah pemerintahan yang mengerti kebutuhan rakyat, bukan kebutuhan Bupati atau kebutuhan SKPD,” tandasnya.

Yusak Kambuaya menyatakan, selaku wakil dirinya siap mendukung dan mengamankan apa yang menjadi kebijakan Bupati.

“Saya siap back up Bupati karena itu memang tugas seorang Wakil Bupati. Tapi kalau diberi kepercayaan, saya akan fokus pada ekonomi dan sosial,“ ucap eks Kepala Distrik Manokwari Barat ini.|ZACK TONU BALA